0
Home  ›  Pengetahuan  ›  Teknologi  ›  Tips & Trick

Panduan Terlengkap Cara Mengetahui Versi Driver yang Terinstal di Windows 11, 10, 8, dan 7

"Dalam pengertian sederhana, driver adalah perantara antara sistem operasi Windows dan perangkat keras, memungkinkan keduanya untuk bekerja bersama."

Panduan Terlengkap Cara Mengetahui Versi Driver yang Terinstal di Windows 11, 10, 8, dan 7 - Dalam era komputasi modern, menjaga perangkat lunak dan perangkat keras Anda tetap mutakhir adalah langkah penting untuk memastikan kinerja yang optimal dan stabilitas sistem. Salah satu elemen krusial yang perlu diperhatikan adalah driver perangkat. Namun, bagaimana sebenarnya cara mengetahui versi driver yang terinstal di sistem operasi Windows 11, 10, 8, dan 7? Kami akan memberikan panduan lengkap untuk membantu Anda mengatasi masalah ini.

Mengapa Memperbarui Driver Penting?

Sebelum kita memasuki panduan langkah demi langkah, mari kita bahas mengapa memperbarui driver merupakan hal yang penting. Driver adalah perangkat lunak yang memungkinkan sistem operasi Anda berkomunikasi dengan perangkat keras seperti kartu grafis, kartu suara, atau perangkat input lainnya. Mempertahankan driver yang mutakhir memiliki beberapa manfaat kunci:

Kinerja yang Lebih Baik: Driver yang terbaru seringkali mengoptimalkan kinerja perangkat keras Anda, sehingga program dan game dapat berjalan lebih lancar.

Stabilitas Sistem: Driver yang usang dapat menyebabkan crash atau masalah sistem lainnya. Memperbarui driver dapat membantu menghindari hal ini.

Keamanan: Pembaruan driver sering kali mencakup perbaikan keamanan, sehingga memastikan Anda menggunakan versi terbaru adalah langkah penting untuk melindungi sistem Anda.

Langkah 1: Membuka Device Manager

Langkah pertama dalam mengetahui versi driver yang terinstal adalah membuka Device Manager. Caranya:

  1. Buka Control Panel.
  2. Klik Hardware and Sound.
  3. Klik Device Manager.

Alternatifnya, Anda bisa membuka kotak dialog RUN dengan menekan tombol Windows + R secara bersamaan, kemudian ketik Devmgmt.msc di dalam kotak, dan tekan Enter.

Langkah 2: Menemukan Perangkat yang Dimaksud

Dalam Device Manager, Anda akan menemukan daftar perangkat keras yang terpasang di komputer Anda. Misalnya, jika Anda ingin mengetahui versi driver kartu grafis Anda, lakukan langkah berikut:

  1. Perluas kategori Display adapters.
  2. Klik kanan pada nama kartu grafis Anda.
  3. Pilih Properties.

Langkah 3: Mengetahui Versi Driver

Pada jendela Properties perangkat yang Anda pilih, beralih ke tab Driver. Di sini, Anda akan menemukan informasi lengkap tentang driver yang terinstal, termasuk nomor versi dan tanggal rilisnya.

Selain mengetahui versi driver, Anda juga dapat menemukan opsi untuk menghapus penginstalan driver dan menonaktifkan perangkat jika diperlukan. Ini berguna jika Anda ingin mengganti model saat ini dengan versi yang lebih baru.

Kesimpulan

Mengetahui versi driver yang terinstal di sistem operasi Windows 11, 10, 8, dan 7 adalah langkah yang penting untuk menjaga kinerja dan stabilitas komputer Anda. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat dengan mudah mengakses informasi yang Anda butuhkan untuk memutuskan apakah perlu memperbarui driver perangkat keras Anda.

Jangan lupa untuk secara berkala memeriksa pembaruan driver dari situs web produsen perangkat keras Anda untuk memastikan Anda selalu menggunakan versi yang paling mutakhir. Dengan begitu, Anda dapat memastikan pengalaman komputasi yang lebih baik dan terhindar dari masalah yang disebabkan oleh driver usang. Semoga panduan ini bermanfaat untuk Anda dalam menjaga sistem Anda tetap mutakhir!

Esa Adecsa
Ordinary person with extraordinary dream ✨
Post a Comment
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS