0
Home  ›  Smartphone  ›  Tips & Trick

Cara Transfer File Dari Flashdisk ke Hp dengan OTG dan Fungsi Lain OTG

"Kabel dengan 2 ujung yang berbeda, Ujung 1 pada bagian kecil biasanya berbentuk USB Type C atau Micro USB. Dan ujung 2 dengan type USB. "

Bagaimana cara agar file yang tersimpan di flashdisk bisa di pindahkan ke Hp tanpa PC?. Baiklah disini saya akan membahas hal tersebut. Mungkin masih banyak dari beberapa orang yang belum mengerti apa itu USB OTG (On The Go). USB OTG (On The Go) adalah kabel yang digunakan untuk menghubungkan perangkat lain ke Smartphone kamu. Kabel dengan 2 ujung yang berbeda, Ujung 1 pada bagian kecil biasanya berbentuk USB Type C atau Micro USB. Dan ujung 2 dengan type USB. Itu penjelasan singkat dari apa itu USB OTG (On The Go). 

Dengan ujung ke 2 berbentuk USB maka kamu bisa gunakan untuk mencolokkan Flashdisk kamu. Maka Smartphone akan membaca penyimpanan USB kamu. Oh iya, ada beberapa fungsi dari USB OTG (On The Go) ini. Seperti ;

Nonton Film atau Serial di Smartphone.

Penyimpanan Internal smartphone kamu tidak memadahi untuk menyimpan film banyak?. Nah, kamu bisa memanfaatkan hal ini. Dengan menghubungkan flashdisk kamu ke Smartphone kamu dengan USB OTG menonton film menjadi lebih praktis.

Main Game dengan Controller atau Joystick.

Menggunakan system plug and play kamu bisa bermain dengan langasung menghubungkan controller kamu ke USB OTG dan Smartphone kamu. Tetapi ada hal yang perlu di perhatikan. Kamu juga harus mengetahui perangkat apa yang kompatibel dengan smartphone kamu.

Mencetak Dokumen Langsung dari  Smartphone ke Printer.

Selain mentransfer file kamu ke komputer untuk di cetak ada pilihan lain untuk memcetak dokumen dari Smartphone kamu. Dengan menghubungkan smartphone kamu ke printer kamu bisa langsung mencetak dokumen seperti foto, file Microsoft Word, Excel, PDF dan lain-lain.

Mengontrol Kamera DSLR

Bagi pecinta fotografi bisa memanfaatkan USB OTG untuk mengontrol kamera yang digunakan. Bisa digunakan sebagai layar langsung ke kamera. Bisa untuk mengatur rana kecepatan, fokus dan lain-lain. Dengan menginstal aplikasi pengontrol yang kompatibel dengan kamera kamu. Bisa juga untuk mengunggah langsung hasil jepretan foto kamu ke media sosial tanpa mentransfer file secara manual.

Mengontrol Smartphone Dengan Keyboard dan Mouse.

Kamu bisa menggunakan keyboard untuk mengetik dan mengontrol menggunakan mouse. Dengan menghubungkan USB OTG dengan perangkat tersebut.

Transfer Daya Batrai.

Dalam keadaan keadaan memdesak kamu juga bisa mentransfer daya batrai dari Smartphone satu ke Smartphone lainnya. Dengan menghubungkan USB OTG dengan USB charger smartphone satunya akan mengisi daya batrai kosong pada smartphone kamu.

Esa Adecsa
Ordinary person with extraordinary dream ✨
Post a Comment
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS