0
🔔 Aktifkan notifikasi disini!
Google News
Loading...

Home  ›  Umum

Ngebait Tak Selalu Negatif: Ini Manfaatnya Bagi Konten Kreatif

"Ngebait adalah teknik menarik perhatian pembaca dengan judul yang provokatif / mengejutkan. Tapi, ngebait tidak selalu buruk. Simak manfaat positifnya"

Ngebait.com - Ngebait atau clickbait adalah istilah yang digunakan untuk menyebut judul atau gambar yang menarik perhatian pembaca atau penonton dengan cara yang provokatif, sensasional, atau menyesatkan. Tujuannya adalah untuk membuat orang penasaran dan mengklik konten tersebut, sehingga meningkatkan trafik atau pendapatan dari iklan.

Ngebait sering dianggap sebagai praktik yang tidak etis, karena dapat mengecewakan atau menipu pembaca atau penonton dengan konten yang tidak sesuai dengan harapan atau janji yang dibuat oleh judul atau gambar. Ngebait juga dapat merusak kredibilitas dan reputasi dari pembuat konten, karena dapat membuat orang merasa tidak percaya atau tidak menghormati karya mereka.

Namun, ngebait tidak selalu negatif. Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari ngebait, terutama bagi konten kreatif yang bertujuan untuk menghibur, menginspirasi, atau menyampaikan pesan tertentu. Berikut adalah beberapa manfaat dari ngebait bagi konten kreatif:

Meningkatkan Jangkauan dan Popularitas

Salah satu manfaat utama dari ngebait adalah dapat meningkatkan jangkauan dan popularitas dari konten kreatif. Dengan menggunakan judul atau gambar yang menarik, konten kreatif dapat menjangkau lebih banyak orang yang mungkin tertarik untuk melihatnya. Hal ini dapat membantu pembuat konten untuk memperluas audiens mereka, meningkatkan kesadaran merek mereka, dan membangun komunitas penggemar mereka.

Contoh dari konten kreatif yang menggunakan ngebait untuk meningkatkan jangkauan dan popularitas adalah video YouTube yang berjudul "I Spent $50,000 On Mystery Boxes" dari MrBeast. Video ini menampilkan MrBeast yang membeli berbagai macam kotak misteri dengan harga yang bervariasi, dan membukanya untuk melihat apa yang ada di dalamnya. Judul video ini menarik perhatian banyak orang, karena membuat mereka penasaran tentang apa yang akan didapatkan MrBeast dari kotak-kotak tersebut. Video ini berhasil mendapatkan lebih dari 100 juta tayangan, dan membuat MrBeast menjadi salah satu YouTuber paling populer di dunia.

Membangkitkan Emosi dan Diskusi

Manfaat lain dari ngebait adalah dapat membangkitkan emosi dan diskusi dari pembaca atau penonton. Dengan menggunakan judul atau gambar yang provokatif, sensasional, atau menyesatkan, konten kreatif dapat membuat orang merasa terkejut, marah, senang, sedih, atau emosi lainnya. Hal ini dapat membuat orang lebih terlibat dan terkoneksi dengan konten tersebut, dan mendorong mereka untuk berbagi pendapat, komentar, atau tanggapan mereka.

Contoh dari konten kreatif yang menggunakan ngebait untuk membangkitkan emosi dan diskusi adalah film yang berjudul "The Social Dilemma" dari Netflix. Film ini menampilkan wawancara dengan mantan karyawan dari perusahaan teknologi raksasa, seperti Google, Facebook, Twitter, dan lainnya, yang mengungkapkan dampak negatif dari media sosial terhadap kesehatan mental, demokrasi, dan kemanusiaan. Judul film ini menarik perhatian banyak orang, karena membuat mereka penasaran tentang apa yang menjadi dilema sosial yang dimaksud. Film ini berhasil mendapatkan banyak tanggapan, baik positif maupun negatif, dari penonton, kritikus, dan pakar.

Menyampaikan Pesan atau Nilai

Manfaat terakhir dari ngebait adalah dapat menyampaikan pesan atau nilai dari konten kreatif. Dengan menggunakan judul atau gambar yang menyesatkan, konten kreatif dapat membuat orang berpikir bahwa konten tersebut akan berisi sesuatu yang berbeda dari apa yang sebenarnya. Namun, setelah melihat konten tersebut, orang dapat menyadari bahwa konten tersebut memiliki makna atau tujuan yang lebih dalam, yang mungkin tidak terlihat dari permukaan. Hal ini dapat membuat orang lebih terbuka dan peka terhadap pesan atau nilai yang ingin disampaikan oleh pembuat konten.

Contoh dari konten kreatif yang menggunakan ngebait untuk menyampaikan pesan atau nilai adalah lagu yang berjudul "This Is America" dari Childish Gambino. Lagu ini menampilkan Childish Gambino yang menari dan bernyanyi dengan latar belakang yang penuh dengan kekerasan, rasisme, dan ketidakadilan yang terjadi di Amerika Serikat. Judul lagu ini menarik perhatian banyak orang, karena membuat mereka berpikir bahwa lagu ini akan berisi sesuatu yang positif atau patriotik tentang Amerika. Namun, setelah mendengar lagu ini, orang dapat menyadari bahwa lagu ini memiliki pesan yang kritis dan ironis tentang realitas yang terjadi di Amerika. Lagu ini berhasil mendapatkan banyak pujian, penghargaan, dan pengaruh dari pendengar, musisi, dan aktivis.

Kesimpulan

Ngebait adalah istilah yang digunakan untuk menyebut judul atau gambar yang menarik perhatian pembaca atau penonton dengan cara yang provokatif, sensasional, atau menyesatkan. Ngebait sering dianggap sebagai praktik yang tidak etis, karena dapat mengecewakan atau menipu pembaca atau penonton dengan konten yang tidak sesuai dengan harapan atau janji yang dibuat oleh judul atau gambar.

Namun, ngebait tidak selalu negatif. Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari ngebait, terutama bagi konten kreatif yang bertujuan untuk menghibur, menginspirasi, atau menyampaikan pesan tertentu. Beberapa manfaat dari ngebait bagi konten kreatif adalah:

  • Meningkatkan jangkauan dan popularitas
  • Membangkitkan emosi dan diskusi
  • Menyampaikan pesan atau nilai

Ngebait dapat menjadi strategi yang efektif untuk membuat konten kreatif yang menarik dan bermakna, asalkan dilakukan dengan cara yang tepat dan bertanggung jawab. Ngebait tidak boleh digunakan untuk menipu atau menyesatkan pembaca atau penonton, melainkan untuk menantang atau memancing mereka untuk melihat konten kreatif dengan perspektif yang berbeda.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin membuat konten kreatif yang ngebait tapi tidak negatif. Terima kasih telah membaca.

Esa Adecsa
Ordinary person with extraordinary dream ✨
Post a Comment
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS