0
🔔 Aktifkan notifikasi disini!
Google News
Loading...

Home  ›  Blogger  ›  Widget

Membuat Sitemap Per Label Blogger Responsif dan Simple

"Cara membuat sitemap per label blogger yang responsif dan simple. Sitemap per label membantu pengunjung dan mesin pencari menemukan konten blog Anda."

Ngebait.com - Sitemap atau peta situs adalah halaman yang berisi daftar artikel yang ada di blog Anda berdasarkan label atau kategori. Sitemap sangat berguna untuk memudahkan pengunjung dan mesin pencari menemukan konten yang relevan dengan minat mereka. Selain itu, sitemap juga dapat meningkatkan SEO dan performa blog Anda.

Perbedaan Sitemap XML dan Sitemap HTML

Sitemap XML dan sitemap HTML adalah dua jenis sitemap yang memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda. Sitemap XML dibuat khusus untuk mesin pencari, sedangkan sitemap HTML dibuat untuk pengguna website. Berikut adalah perbedaan utama antara keduanya12:
  • Sitemap XML berisi metadata, URL website, dan informasi jika terdapat update terbaru pada URL website. Sitemap XML membantu mesin pencari merayapi dan mengindeks website dengan lebih cepat dan akurat.
  • Sitemap HTML berisi daftar halaman website yang dapat diakses oleh pengguna. Sitemap HTML memudahkan pengguna menavigasi website dan menemukan konten yang mereka cari. Sitemap HTML juga dapat meningkatkan user experience dan SEO website.
Jadi, sitemap XML dan sitemap HTML sama-sama penting untuk website, tetapi memiliki target yang berbeda. Anda disarankan untuk memiliki keduanya sekaligus untuk memaksimalkan performa website
Anda di mesin pencari dan di mata pengguna.

Namun, tidak semua blogger tahu cara membuat sitemap yang responsif dan simple untuk blog mereka. Banyak sitemap yang terlalu rumit, berat, atau tidak sesuai dengan tampilan blog. Oleh karena itu, pada artikel ini, saya akan memberikan tutorial cara membuat sitemap per label blogger yang responsif dan simple dengan mudah.

Langkah-langkah Membuat Sitemap Per Label Blogger

Untuk membuat sitemap per label blogger, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut:
  1. Login ke akun Blogger Anda dan pilih blog yang ingin Anda buat sitemapnya.
  2. Pilih menu Halaman dan klik tombol + Halaman Baru untuk membuat halaman statis baru.
  3. Beri judul halaman dengan Sitemap atau Daftar Isi sesuai ke Anda.
  4. Ubah mode penulisan dari Compose ke HTML dengan mengklik ikon pensil di pojok kanan atas.
  5. Salin dan tempel kode HTML berikut ke dalam kolom HTML:

    See the Pen Sitemap Per Label by Esa Adecsa (@Esa-Adecsa) on CodePen.

  6. Ganti URL “https://www.ngebait.com” dengan alamat blog kamu. Jika sudah, maka klik tombol “Simpan”.
Dengan kode HTML di atas, Anda sudah berhasil membuat sitemap per label blogger yang responsif dan simple. Anda bisa melihat hasilnya di halaman yang Anda buat tadi. Anda juga bisa mengubah warna, ukuran, atau gaya font sesuai dengan preferensi Anda.

Keuntungan Membuat Sitemap Per Label Blogger

Membuat sitemap per label blogger memiliki beberapa keuntungan, antara lain:
  • Meningkatkan kenyamanan dan pengalaman pengunjung dalam mencari konten yang sesuai dengan minat mereka.
  • Meningkatkan SEO dan performa blog Anda, karena mesin pencari akan lebih mudah mengindeks dan menampilkan konten Anda di hasil pencarian.
  • Meningkatkan jumlah kunjungan dan pageviews, karena pengunjung akan lebih tertarik untuk membaca konten lain yang ada di blog Anda.
  • Meningkatkan loyalitas dan interaksi pengunjung, karena mereka akan merasa blog Anda lebih profesional dan informatif.
Demikianlah tutorial cara membuat sitemap per label blogger yang responsif dan simple. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mengembangkan blog Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah. Terima kasih.
Esa Adecsa
Ordinary person with extraordinary dream ✨
Post a Comment
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS