0
Home  ›  Tips & Trick

Cara Menggunakan Google Maps Offline Tanpa Jaringan Internet

"Hobby Travelling kini tak perlu khawatir berpergian kemana pun, pergi ke daerah maupun ke negara lain. "

Cara Pakai Google Map Offline Tanpa Kuota Bebas Kemana Saja -  Hobby Travelling kini tak perlu khawatir berpergian kemana pun, pergi ke daerah maupun ke negara lain. Tersesat merupakan hal yang biasa sesorang traveller alami. Nah kini kamu tak perlu khawatir. Loh kenapa bisa? Kini tanpa kita sadari Google maps memberikan fitur maps offline tanpa jaringan data atau internet saat kita menggunakannya. Aplikasi peta serta navigasi dapat berjalan meski data atau internet mati. 

Kamu bisa mengunduh area yang kamu pilih ke penyimpanan Smartphone kamu agar bisa kamu gunakan saat data internet mati. Dengan demikian sebelum kamu berpergian kamu bisa mengunduh terlebih dahulu area yang akan kamu kunjungi. Maka kamu akan dapat menggunakan secara offline saat membutuhkan maps tersebut.

Cara Agar Google Maps Dapat Digunakan Secara Offline

Cukup mudah untuk menggunakan fitur peta dan navigasi secara offline. Simak cara berikut jika kamu ingin menggunakannya.
  1. Pastikan untuk menggunakan aplikasi Google Maps terupdate atau bisa kamu unduh terlebih dahulu Aplikasi resmi Google Maps melalui App Store kamu jika kamu belum memasang
  2. Buka Aplikasi setelah aplikasi Google Maps terinstal.
  3. Tap pada bagian menu.
  4. Temukan "Peta Offline" kemudian tap saja.
  5. Setelah itu silahkan tap pada menu "Tap peta anda sendiri".
  6. Akan memunculkan map disertai dengan area lokasi yang bisa kamu unduh. Silahkan atur sesuai kebutuhan. 
  7. Setelah yakin dengan area yang akan kamu kunjungi silahkan Tap "Download". Pastikan terlebih dahulu terhubung ke internet maupun Wi-fi untuk mengunduh. 
  8. Tunggu hingga unduhan area peta dan navigasi selesai.
  9. Setelah unduhan selesai kamu bisa menggunakan peta dan navigasi secara offline sesuai dengan area yang sudah kamu unduh sebelumnya. 
  10. Tap pada bagian menu titik 3 dan tap lihat. Memunculkan area peta yang sudah kamu unduh kemudian tap kembali gambar area peta tersebut.
  11. Atur saja lokasi kamu dan tujuan yang akan kamu kunjungi. 
  12. Tap saja "Navigasi" peta dan navigasi dapat berjalan secara offline.
  13. Selesai dan sampai tujuan. 
Catatan : Semakin luas area yang kamu pilih untuk menjadikan Offline, maka besar juga penyimpanan serta data unduhan yang kamu butuhkan.

 Penyimpanan default yang digunakan saat kamu mengunduh merupakan penyimpanan internal. Jika penyimpanan internal kamu terbatas Kamu dapat memindahkan penyimpanan default ke penyimpanan portable SD Card. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan.

  1. Buka Aplikasi Google Maps. 
  2. Tap menu Pilih "Peta Offline".
  3. Tap pada bagian setelan pada bagian kanan atas.
  4. Atur pada "Preferensi Penyimpanan" silahkan pilih default dengan tap Perangkat kemudian Kartu SD.

Mengatur Unduhan Otomatis Area Offline Yang di Pilih

  1. Buka Aplikasi Google Maps. 
  2. Tap menu Pilih "Peta Offline".
  3. Tap pada bagian setelan pada bagian kanan atas.
  4. Atur pada "Update Otomatis, Download Preferensi dan Download Otomatis" atur sesuai kebutuhanmu saja dengan mempertimbangkan Kuota atau lebih hemat dapat menggunakan data Wi-Fi.
Begitulah Cara Menggunakan Google Maps Offline Tanpa Jaringan Internet. Setelah mengunduh Area Maps Offline kamu dapat menggunakan Peta dan navigasi meskipun Smartphone kamu tidak terhubung ke jaringam Wi-Fi maupun Internet kamu. Setelah mengunduh area maka data akan digunakan untuk membantu dalam mengarahkan navigasi ke arah tujuan kamu.

Esa Adecsa
Ordinary person with extraordinary dream ✨
Post a Comment
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS