0
Home  ›  Smartphone  ›  Tips & Trick

Cara Ubah Resousi Layar Smartphone Android Tanpa Root

"Apa itu Resolusi Layar? Resolusi layar bisa juga disebut dengan banyaknya pixel pada layar. "

Cara Ubah Resousi Layar Smartphone Android  - Apa itu Resolusi Layar? Resolusi layar bisa juga disebut dengan banyaknya pixel pada layar. Setiap Smartphone Android mempunyai rasio layar yang berbeda - beda contoh 1920 x 1080 FullHD+: 2160 x 1080 HD: 1280 x 720 HD+: 1440 x 720 dll. Resolusi pada layar sangat berpengaruh semakin banyak pixel pada layar maka kualitas gambar yang dihasilkan akan semakin bagus.

Selain itu resolusi berpengaruh terhadap besar tampilan yang dihasilkan yaitu menyesuaikan dari ukuran layar dari Smartphone itu sendiri.

Lalu Bagaimana Cara Ubah Resolusi Pada Smartphone Apakah Bisa?

Setiap Smartphone Android sudah diatur sesuai standar menyesuaikan ukuran layar agar lebih nyaman untuk di lihat. Lalu apa bisa kita ubah sesuai keinginan kita untuk resolusi Smartphone Android kita? Bisa! Kita bisa mengubah resolusi layar Smartphone Android sesuai selera yang kamu inginkan.

Kenapa Sih Resolusi Layar Diubah-Ubah?

Bagi sebagian user mengubah resolusi layar pasti mempunyai tujuan atau maksud. Seperti yang sudah saya ketahui mengubah Resolusi layar yaitu dengan tujuan :
  • Mengubah sebagai keperluan Gaming, mengubah dengan menaik atau menurunkan ukuran resolusi sebagai penyesuaian agar tampilan terlihat pas dan nyaman saat bermain game.
  • Menurunkan resolusi sebagai langkah untuk menurunkan kinerja Hardware agar tidak terlalu berat.
  • Menonton Film agar gambar terlihat pass dan enak untuk dilihat.
  • Dll
Nah, untuk mengubah resolusi ini sangat jarang orang untuk mengetahuinya. Maka kali ini saya akan membagikan Tips bagaimana car mengubah resolusi layar dengan mudah.
Cara Mengecek Resolusi Layar Bawaan Smartphone Android
Untuk mengecek Resolusi layar kamu bisa menggunakan aplikasi resmi "CPU Z" bisa kalian unduh melalui App Store kalian.
Instal Aplikasi kemudian Buka dan Tap pada bagian Device kamu akan menemukan Resolusi layar beserta screen Densitynya.

Nah tersebut merupakan settingan bawaan jika kamu ingin mengunah kembali sperti standar bawaan setelah kamu mengubahnya. Jika lupa bisa kalian browsing tentang spesifikasi Smartphone Android kamu biasanya akan menyertakan ukuran Resolusi Layar Smartphone kamu.

Cara Mengubah Resolusi Layar Smartphone Android

Setelah mengetahui Resolusi layar bawaan Smartphone Android kamu. Terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengubah Resolusi Layar kamu.
1. Menggunakan aplikasi Screen Shift (  Root)
Karena memerlukan Hak akses Root disini saya tidak akan membahasnya.
2. Mengubah melalui Opsi Pengembang langsung mengubah dengan system yang disediakan.

Opsi pengembang ini merupakan settingan tersembunyi yang disediakan pada Smartphone Android. Tidak semua orang mengetahui dimana letak settingan Opsi Pengembang ini. Banyak settingan yang disediakan mulai memgaktifkan USB Debugging, perizinan Lokasi palsu hingga menggubah DPI.
Berikut cara mengubah Resolusi Layar atau DPI pada Smartphone Android kamu.
  • Buka Setting atau Pengaturan Smartphone Android kamu.
  • Scroll down temukan dan Tap pada bagian About phone atau Tentang Ponsel.

  • Tap 5x pada bagian Build Number atau Nomor Bentukan hingga muncul Pop Up "Anda sudah menjadi Pengembang".
  • Back masih di setting atau pengaturan pada Smartphone Android kamu dan Tap pada bagian Opsi Pengembang atau jika tidak ada tap di bagian Pengaturan lainnya.
  • Scroll ke bawah temukan "Lebar Terkecil" tap bagian tersebut.

    Contoh setelah di ubah terlihat lebih Zoom Out
  • Ubah angka sesuai selera kamu angka semakin kecil angka maka tampilan terlihat besar dan untuk DPI dengan angka besar Menghasilkan tampilan kecil. Sesuaikan sesuai kebutuhan kamu.
Mengubah DPI layar aman untuk dilakukan. Hal ini juga dapat kamu lakukan tanpa dengan hak Akses Root yang akan menghilangkan Garansi Smartphone Android kamu.
Sekedar saran untuk tidak mengubah DPI terlalu banyak karna tampilan layar akan terpotong atau sangat kecil. Menyulitkan untuk mengubahnya kembali.
Baiklah itulah cara untuk mengubah Resolusi layar atau DPI dengan mudah tanpa Root di semua Smartphone Android. Untuk ksesulitan dalam mengubah Resolusi atau DPI layar bisa kamu tanyakan di kolom komentar dibawah. Selamat mencoba ^_^
Esa Adecsa
Ordinary person with extraordinary dream ✨
Post a Comment
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS