0
Home  ›  Tips & Trick  ›  WhatsApp

Cara Memindahkan Chat WhatsApp Ke Ponsel Baru

"WhatsApp pada update terbaru menghadirkan beberapa fitur penting. Salah satu fitur penting yaitu Backup Chat. Kamu dapat mencadangkan chat kamu. "


Cara Memindahkan Chat WhatsApp Ke Ponsel Baru -  Jika kamu menginstal aplikasi WhatsApp ke ponsel baru kamu. Riwayat chat dan media yang ada di ponsel lama kamu takkan tersedia diponsel barumu. Masalah ini adalah salah satu problem yang terjadi ketika ganti ponsel. Riwayat chat mungkin tersimpan kenangan atau hal penting yang membuat kamu ingin menyimpan.

Pada dasarnya memindahkan Chat di ponsel lama ke ponsel barumu bukan merupakan hal yang sulit. Sehingga kamu tak perlu khawatir dengan riwayat di ponsel lamamu. Nah, berikut terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memindahkan Chat WhatsApp Ke Ponsel Barumu.

Cara Pindahkan Chat WhatsApp Via Google Drive

WhatsApp pada update terbaru menghadirkan beberapa fitur penting. Salah satu fitur penting yaitu Backup Chat. Kamu dapat mencadangkan chat kamu dengan menyimpan di Google Drive. Cara ini bisa kamu gunakan. Dengan menyimpan via Google Drive kamu tak perlu khawatir dengan kuota penyimpanan Google Drive kamu. Pencadangan ini tidak memakan penyimpanan Google Drive kamu.

Berikut cara mencadangkan chat WhatsApp kamu ke Google Drive. 
  1. Silahkan tap pada titik 3 pada ujung kanan atas.

  2. Setelah beberapa menu muncul tap Setting / Setelan.

  3. Tap pada menu Chat.

  4. Silahkan tap pada bagian Backup Chat / Cadangan Chat.
    Add caption

  5. Tap Backup / Cadangkan.

Dengan mengetuk Backup / Cadangkan saat kamu login nomor WhatsApp di ponsel barumu, maka akan dimintai pilihan apakah akan memulihkan / merestore riwayat chat kamu. Silahkan tap Restore / Pulihkan. Riwayat chat kamu akan kembali di ponsel barumu. 

Perlu diketahui untuk mencadangkan bisa kamu lakukan dengan otomatis. Bahkan penjadwalan rutin otomatis dapat dilakukan. Ada hal yang harus diperhatikan dengan mempertimbangkan penggunaan data kamu dapat mengatur sesuai kebutuhan saja. Gunakan Wi-Fi untuk mencadangkan otomatis. Mencadangkan langsung ketika terhubung Wi-Fi.

Kamu juga dapat mencadangkan otomatis dengan menggunakan data internet kamu. Tetapi sedikit Kuota dapat berkurang karena mencadangkan. Fungsi memcadangkan ini sebenarnya untuk mengamankan history chat kamu ketika sewaktu-waktu Ponsel rusak, bootlop dan harus Factory Reset, kemungkinan terburuk ponsel hilang.

Meski mencadangkan otomatis tak mencadangkan chat terbaru setidaknya cadangan terakhir sesuai jadwalmu sudah tersimpan.

Cara Memindahkan Chat WhatsApp Secara Manual

Selain cara otomatis menggunakan Google Drive terdapat cara manual yang bisa kamu lakukan jika mencadangkan tidak mempunyai kuota internet reguler maupun Wi-Fi. Hal yang perlu kamu lakukan yaitu mentransfer atau copy folder WhatsApp pada penyimpan File Manager ponsel kamu. Simpan pada komputer, atau penyimpanan external lainya. 
Yang pertama cek terlebih dahulu pada penyimpanan SD Card kamu. Apakah terdapat WhatsApp di penyimpanan SD Card kamu. Folder/SD Card/WhatsApp(Copy folder WhatsApp simpan pada penyimpanan eksternal kamu dan pastekan di ponsel barumu ). Tap Restore / Pulihkan ketika login nomor WhatsApp di ponsel barumu.

Yang kedua cek pada penyimpanan internal kamu. Folder/Internal/WhatsApp (Copy folder WhatsApp simpan pada penyimpanan external dan paste di ponsel barumu). Tap Restore / Pulihkan ketika login nomor WhatsApp di ponsel barumu. Riwayat chat akan tersedia kembali seperti ponsel lamamu.

Begitu lah cara memindahkan chat WhatsApp di ponsel baru. Tanyakan di komentar jika perlu bantuan mengenai ulasan ini. Selamat mencoba. ^_^
Esa Adecsa
Ordinary person with extraordinary dream ✨
Post a Comment
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS