0
Home  ›  Teknologi

Apa Itu Teknologi Chip Snapdragon, Di Sini Penjelasannya

"Salah satu jenis prosesor yang kini sering digunakan adalah Snapdragon. Mungkin sebagian orang masih belum mengenal apa itu teknologi chip snapdragon."

image_title_here
Gambar ilustrasi Teknologi Snapdragon
Jenis prosesor pada sebuah gadget atau teknologi memiliki pengaruh pada performa sebuah teknologi baik laptop maupun android. Pada dasarnya, prosesor merupakan komponen utama pada sebuah alat canggih. Salah satu jenis prosesor yang kini sering digunakan adalah Snapdragon. Mungkin sebagian orang masih belum mengenal apa itu teknologi chip snapdragon. 

Seperti yang kita ketahui pada informasi seputar teknologi bahwa kebanyakan HP kini memiliki dua jenis teknologi yang dibekali di dalam prosesornya. Kedua jenis prosesor tersebut adalah MediaTek dan Snapdragon. Lantas apa itu teknologi chip snapdragon, akan kita ketahui setelah membaca artikel ini secara rinci. 

Kebanyakan prosesor snapdragon maupun MediaTek digunakan pada smartphone dengan kualitas tinggi. Apalagi ponsel yang berbasis gaming, tentu memerlukan salah satu jenis teknologi ini. Penjelasan apa itu teknologi chip snapdragon masih berhubungan dengan kualitas sebuah gadget atau alat teknologi canggih sebagai CPU pada alat tersebut.

Mengenal Apa itu Teknologi Chip Snapdragon

Mungkin sebagian dari Kamu ketika menggunakan laptop atau smartphone, tiba-tiba nge lag, memanas, atau nge hang, faktor utamanya adalah prosesor yang digunakan pada gadget tersebut. 

Pasalnya, teknologi chip snapdragon memiliki tugas utama yaitu mengontrol grafik pada sebuah gadget. Jika teknologi tersebut dapat bekerja optimal, maka Kamu pun akan lancar dalam penggunaan smartphone. Jadi tidak heran jika tidak sedikit orang membeli ponsel atau laptop melihat prosesornya terlebih dahulu. Teknologi apa yang digunakan pada prosesor tersebut, maka mereka akan mempertimbangkannya.

Apakah prosesor tersebut cocok untuk bermain game, edit video, atau untuk keperluan bisnis. Semua tergantung dari prosesor yang digunakan pada laptop atau smartphone. Hal ini tergantung dari kebutuhan para konsumen.

Pengertian Snapdragon

Untuk mengenal apa itu teknologi chip snapdragon, maka kita perlu mengetahui definisi dari snapdragon. Di mana snapdragon merupakan komponen utama pada sebuah smartphone. Snapdrgaon memiliki sistem yang disebut SoC atau System on Chip. Kebanyakan teknologi ini digunakan pada ponsel berbasis android. Jenis teknologi ini diciptakan pada tahun 2007 dan terus dikembangkan hingga sekaran.

Tidak heran jika terdapat Snapdragon dengan berbagai variasi dan tipe. Hal ini dikarenakan adanya perkembangan teknologi yang semakin canggih. Dengan memperhatikan kebutuhan dan keinginan panggsa pasar teknologi, para perusahaan tekno terus berinovasi untuk mengembangkan teknologi yang mutakhir.

Awalnya, snapdragon hanya digunakan pada smartphone biasa saja. Namun seiring berkembangnya jaman, apa itu teknologi chip snapdragon mulai digunakan pada smartphone dengan kualitas tinggi. Hingga tercipta berbagai tipe snapdragon.

Pada tahun 2008, terdapat berbagai android keluaran terbaru yang digunakan sebagai uji coba teknologi ini. Di mana teknologi snapdragon dipasang di beberapa tipe android keluaran terbaru pada waktu itu seperti Samsung Galaxy, LG Optimus, dan beberapa android terbaru lainnya yang keluar di tahun 2008. 

Karena adanya ketertarikan dalam dunia teknologi, di mana snapdrgaon mampu memenuhi kebutuhan pasar, maka SoC mengembankan teknologi ini. Hingga teknologi ini pun mengusung GPU Adreno sebagai peningkat kualitas fitur pada teknologi tersebut. Bisa dikatakan bahwa GPU Adreno merupakan kunci dari kesuksesan teknologi snapdragon. Jika GPU Adreno ini gagal memenuhi kebutuhan pasar, maka snapdragon tidak akan berkembang hingga sekarang.

Tidak heran jika pasar teknologi semakin ramai persaingan dari para vendor teknologi besar seperti Samsung, Apple, Xiaomi, dan lainnya. Beberapa vendor mulai tertarik menggunakan chipset snapdragon di dalam produk-produknya. Hingga sekarang teknologi ini pun mulai dikenal dalam dunia tekno.

Sukses sebagai pengembang apa itu teknologi chip snapdragon, Qualcomm pun terus menginovasi produk teknologinya dengan berbagai fitur dan fungsi menarik. Bahkan beberapa chipset terbentuk dengan berbagai variasi, mulai dari standar hingga kualitas tinggi.

Sejarah Snapdragon

Seperti yang kita jelaskan sebelumnya, bahwa snapdragon mulai dikenalkan ke masyarakat umum pada tahun 2007. Untuk kita ketahui, bahwa sebelum adanya Snapdragon, terdapat prosesor yang diciptakan Qualcomm yaitu bernama Scorpio. Namun sayangnya teknologi ini terbilang sebagai produk gagal alias tidak bekerja baik saat penggunaannya. Sehingga Qualcomm tidak melanjutkan produk tersebut. 

Hingga di tahun 2008, chipset Snapdragon mulai digunakan pertama kali di beberapa produk android terbaru. Jadi, sejak tahun 2008, android mulai menggunakan prosesor chipset snapdragon. 

Lanjut di tahun 2009, Qualcomm terus mengembangkan produknya hingga terciptalah GPU Adreno. Di mana produk ini sengaja diintegrasikan ke Snapdragon. Banyak yang tidak mengetahui bahwa sebenarnya GPU Adreno bukan milik Qualcomm, melainkan milik ATI Radeon. Di mana ATI Radeon merasa tidak mampu menginovasi produk tersebut, maka produk tersebut pun dijual ke GPU Adreno pada tahun 2006. 

Qualcomm mencoba mengintregasi apa itu teknologi chip snapdragon ke dalam GPU Adreno. Ternyata GPU Adreno menjadi produk terbaiknya di waktu itu. Sebenarnya, ATI Radeon bukan tidak mampu menginovasi GPU Adreno, melainkan di tahun 2006, ATI Radeon telah diakuisisi oleh AMD. Di mana AMD tidak memerlukan produk tersebut, sehingga produk ini pun dijual ke Qualcomm. 

Dengan adanya GPU Adreno, chipset snapdragon pun mulai diakui sebagai produk prosesor terbaik hingga sekarang. Hal ini terbukti, hingga sekarang banyak smartphone terbaru yang masih menggunakan prosesor snapdragon sebagai keunggulan utamanya. Dan masih belum ada lagi prosesor baru yang mampu menyaingi snapdragon. 

Kualitas dari apa itu teknologi chip snapdragon dapat kita lihat juga dalam penggunaan smartphone saat bermain game. Bahkan beberapa vendor besar seperti Asus, Xiaomi, L, Vivo, Oppo, dan sebagainya pun masih menggunakan chip snapdragon. Seperti yang kita ketahui bahwa sebenarnya beberapa vendor besar tersebut memililiki produk prosesor sendiri. 

Karena adanya kebutuhan pasar teknologi yang berpacu dan lebih menarik pada prosesor snapdragon, maka beberapa vendor besar tersebut masih sukarela untuk menggunakan snapdragon sebagai prosesor utama pada produk-produk mereka.

Banyak yang tidak diketahui dari sejarah snapdragon, bahwa Qualcomm menciptakan snapdragon ini bukan hanya satu variasi saja. Sejak tahun 2007, Qualcomm telah menciptakan beberapa variasi pada Snapdragon. Mulai dari variasi standar, hingga variasi dengan kualitas tinggi.

Beberapa Variasi Apa itu Teknologi Snapdragon

Kita bisa membedakan jenis snapdragon dari angka depannya, mulai dari angka 2xx, 3xx, 4xx, dan seterusnya. Semakin tinggi angka depan pada variasi snapdragon, maka semakin tinggi kualitas yang dimiliki dari snapdragon tersebut.

Terdapat berbagai variasi dari apa itu teknologi chip snapdragon, di mana prosesor ini akan terus dikembangkan mengikuti kebutuhan dan trend tekno masa kini. 

Salah satunya adalah Snapdragon S Series. Di mana jenis snapdragon ini merupakan jenis snapdragon generasi pertama. Bisa kita katakan bahwa jenis snapdragon ini merupakan jenis snapdragon tertua di dunia teknologi. Karena jenis snapdragon ini telah diluncurkan di pasar teknologi dan mulai digunakan di beberapa produk teknologi sejak tahun 2007, yaitu awal mula pasar snapdragon di masyarakat.

Esa Adecsa
Ordinary person with extraordinary dream ✨
Post a Comment
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS