0
Home  ›  Aplikasi  ›  Tips & Trick

Cara Cek Serta Menghapus File Duplikat atau Ganda Pada Penyimpanan HP

"File duplikat atau Ganda adalah file yang memiliki nama file, jenis file, ukuran file, isi file dan tampilan file yang sama persis. "

File duplikat atau Ganda adalah file yang memiliki nama file, jenis file, ukuran file, isi file dan tampilan file yang sama persis. Berbicara tentang file ganda atau duplikat sebenarnya memiliki efek positif dan negatif. Misalnya, jika Kamu baru saja menggandakan file yang tersimpan di ponsel Android Kamu dan suatu hari file tersebut hilang atau tidak sengaja terhapus, Kamu masih memiliki file duplikat atau salinan file tersebut.

Di sisi negatifnya, ini akan memakan ruang di penyimpanan ponsel Kamu, karena memiliki banyak file yang sama di memori penyimpanan ponsel Kamu. Dan biasanya ini terjadi ketika Kamu memiliki file duplikat yang Kamu tidak tahu bahwa Kamu benar-benar membutuhkannya.

File duplikat ini dapat ditemukan seperti file foto, video, file dokumen, atau file RAW aplikasi. Jika ukuran file duplikatnya kecil, mungkin tidak mempengaruhi penyimpanan ponsel, tetapi bagaimana jika ukuran file duplikatnya besar? Seperti yang kita ketahui bersama, beberapa program aplikasi akan berhenti bekerja ketika memori penuh sehingga menyebabkan masalah saat mengunduh aplikasi dari play store. dan banyak pengaruh lainnya.

Selain duplikasi file di Android, Kamu mungkin juga perlu mengetahui faktor apa yang sebenarnya menyebabkan memori internal penuh dan ruang penyimpanan habis.

  • Menginstal terlalu banyak aplikasi.
  • Hampir tidak membersihkan file browser atau game file cache.
  • Melakukan aktivitas berlebihan saat menyimpan musik, video, foto, atau file lain Sebelumnya, Ada di folder lain.

Tentu saja, duplikasi file ini menghabiskan ruang disk yang seharusnya digunakan untuk file lain yang lebih penting.

Jadi, penting untuk mengetahui cara memeriksa file duplikat di ponsel Android Kamu. Bahkan jika Kamu menghapus file duplikat atau memindahkannya ke folder sebagai file cadangan, Kamu dapat mengelola file duplikat nanti.

Jadi bagaimana file duplikat dan cara menghapus file duplikat di android? Langkah-langkah untuk menemukan file duplikat dan menghapus file duplikat berikut ulasan yang bisa Kamu simak ;

  • Pertama, unduh dan instal aplikasi Duplicate File Fixer dari Google Playstore (gratis).
  • Jika sudah, buka aplikasi tersebut dan beri izin untuk mengakses semua direktori di media penyimpanan smartphone Kamu. Untuk melakukan ini, tekan tombol GO IT dan tekan Allow.
  • Kemudian Kamu akan melihat beberapa pilihan menu. Tekan Pindai/Scan Video jika Kamu ingin menemukan file video duplikat. Jika Kamu ingin menemukan file gambar untuk mencari semua file duplikat, tekan menu Scan picture. Kemudian untuk mencari semua file duplikat Kamu bisa menekan Menu Full Scan.
Tidak ada lagi file duplikat pada ponsel Kamu, sehingga ruang penyimpanan tidak akan bertambah banyak dan terisi dengan file duplikat.

Esa Adecsa
Ordinary person with extraordinary dream ✨
Post a Comment
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS