0
Home  ›  Smartphone  ›  Tips & Trick

Cara Mudah Mengatasi Memori Penyimpanan OPPO Penuh

"Bagaimana cara mengatasi disk space Smartphone Oppo tidak cukup?"

Bagaimana cara mengatasi ruang disk Smartphone Oppo tidak cukup? Sebagai pengguna Smartphone Oppo tentunya sering mendapatkan notifikasi “ruang penyimpanan tidak mencukupi”. Hal ini sering muncul ketika memori internal Smartphone Oppo sudah penuh. Ketika kapasitas penyimpanan internal Smartphone Oppo yang kamu miliki yaitu 4 GB. Jadi ada kemungkinan perangkat Smartphone Oppo kamu tidak memiliki ruang penyimpanan yang cukup saat kamu menginstal aplikasi lainnya.

Jika itu pun bisa menginstal, saat kamu memperbarui aplikasi, kamu sering menerima pemberitahuan bahwa perangkat kamu kehabisan ruang penyimpanan atau kamu kehabisan ruang penyimpanan. Pada dasarnya penyebab Smartphone android Oppo tidak bisa menginstal aplikasi playstore tidak lain adalah kurangnya ruang penyimpanan internal pada ponsel Oppo seperti, Oppo joy 3, Oppo mirro, Oppo find 7, dll. Sebenarnya ada solusi untuk mengatasi kekurangan memori penyimpanan tersebut termasuk pada semua jenis Smartphone Oppo.

Aplikasi android yang terinstal ditempatkan di memori internal secara default, sehingga tidak mengherankan jika memori internal Smartphone Oppo cepat terisi. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini akan mengulas bagaimana cara mengatasi ruang penyimpanan ponsel Android Smartphone Oppo yang hampir penuh. Salah satunya adalah dengan memindahkan aplikasi ke penyimpanan eksternal atau kartu sd memori. Banyak pengguna Smartphone Oppo banyak yang tidak mengetahuinya hal tersebut.

Akan tetapi memindahkan aplikasi ke memori eksternal tidak berlaku untuk Smartphone Oppo seperti, Oppo find 7 yang tidak memiliki opsi penyimpanan kartu sd di pengaturannya. Mari kita mulai membahas cara mengatasi memori internal ponsel Oppo secara tuntas, berikut beberapa solusi untuk mengatasi perangkat kamu kehabisan ruang disk atau penyimpanan. 

Memori internal ponsel android yang penuh dapat memperlambat ponsel android kamu, jadi kamu harus segera memperbaiki masalahnya. Juga, ketika kamu melihat foto kamu, galeri ponsel android kamu menjadi tidak responsif, dan galeri kamu tidak mememunculkan foto.

Mengatur Aplikasi Agar Otomatis disimpan ke Kartu Memori

Seperti di atas, letakkan aplikasi ke kartu sd tanpa Root terlebih dahulu sekarang kamu dapat memindahkan. Cara mengatasi kekurangan ruang penyimpanan Oppo dengan memindahkan aplikasi ke kartu sd.

Cara memindahkan setting lokasi aplikasi di Smartphone Oppo

  1. Siapkan kartu memori sd eksternal dengan space yang cukup.
  2. Masuk ke menu setting
  3. Cari opsi menu storage.
  4. Kemudian pilih lokasi install yang diinginkan dan setting ke sd card.

Setting Aplikasi Internal Storage Agar Masuk ke SD Card

Dengan cara ini setiap aplikasi yang baru diinstal akan secara otomatis disimpan ke penyimpanan eksternal kartu sd. Namun, aplikasi yang masih ada di memori internal sebaiknya di-swap ke kartu memori agar tidak memenuhi ruang penyimpanan Smartphone Oppo.
  1. Pertama masuk ke menu setting.
  2. Kemudian manage applications.
  3. Lalu masuk ke tab remove.
  4. Cari aplikasi yang ingin dipindahkan.
  5. Kemudian pilih “move to sd”.

Hapus Semua Thumbnail

Salah satu cara untuk mengatasi masalah memori internal yang tiba-tiba penuh dan tidak dapat mengunduh aplikasi dari playstore adalah dengan menghapus thumbnail yang ada di Smartphone Oppo kamu.

Pada dasarnya, thumbnail berisi semacam cache atau shortcut kecil untuk membantu mempercepat sistem menemukan file yang coba dibuka. Lain cerita jika thumbnail itu menjadi begitu banyak sehingga benar-benar memakan memori atau ram kamu sendiri.

Hapus Aplikasi yang Tidak Perlu

Saya memindahkan aplikasi ke kartu memori, tetapi pada dasarnya aplikasi sistem masih di memori internal. Meskipun tidak banyak, itu bisa menjadi salah satu alasan mengapa kamu mendapatkan pesan “perangkat kamu kehabisan ruang penyimpanan”. Jadi, kamu mungkin ingin menghapus beberapa aplikasi yang jarang digunakan.

Memindahkan File Seperti Foto, Musik ataupun Video 

Tampaknya setiap pengguna harus selalu menyimpan berbagai file media pribadi seperti di sd card dan flash disk di penyimpanan eksternal.

Misalnya, pada Oppo F1S yang memanfaatkan selfie di dalam kamera, ukuran file setiap foto harus cukup besar, hingga kurang-lebih 10mb per foto. Atur untuk menyimpan langsung ke kartu memori setiap kali kamu mengambil gambar.

Unduh Aplikasi Melalui App Store yang di Sediakan Oleh Oppo

Oppo Smartphone android memiliki perjanjian khusus dengan google untuk memastikan bahwa konten mereka menyediakan ruang yang cukup di perangkat. Kamu perlu tahu bahwa kamu harus dapat menerima pembaruan aplikasi secara otomatis dan langsung.

Oleh karena itu, perjanjian penyimpanan ponsel ini tidak berlaku saat mengunduh dari toko aplikasi pihak ketiga. Namun kekurangan dari mengunduh dari aplikasi pihak ketiga adalah aplikasi yang disediakan tidak selengkap yang ada di play store.

Inisialisasi data

Langkah terakhir untuk mengatasi ponsel android Oppo tidak cukup ruang penyimpanan saat Smartphone error adalah dengan melakukan inisialisasi data. Reset pabrik akan mengembalikan semua sistem kamu ke pengaturan aslinya.

Namun, sebelum melakukan prosedur ini, kamu harus mencadangkan semua data yang ada agar dapat dengan mudah dipulihkan setelah reset pabrik.

Cara Menampilkan Menu Penyimpanan Kartu SD di Oppo Find 7

Silahkan untuk memulai upgrade find 7 ke os Smartphone android 5.0 lollipop terbaru. Untuk mendapatkan firmware Oppo find 7 kamu bisa mendapatkannya dengan mencari di google.

Setelah update firmware Oppo find 7, langkah selanjutnya masuk ke menu setting - battery & storage - storage location - sd card storage.

Esa Adecsa
Ordinary person with extraordinary dream ✨
Post a Comment
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS