Berikut Cara Untuk Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak Usia Dini

- Gadget adalah perangkat yang memiliki fungsi lebih khusus, bersifat praktis serta dirancang dengan teknologi yang sangat canggih. Salah satu contoh gadget yang sering kita gunakan adalah smartphone. Kenyamanan dalam mengakses informasi dan kemudahan bagi penggunanya alasan admin menyebutkan smartphone. Namun dari sekian banyak hal positif dari penggunaan gadget, pengguna lebih sering salah dalam memanfaatkan penggunaan gadget tersebut terutama pada anak. Dari sini admin mencoba membahas tentang tips mengatasi kecanduan gadget pada anak usia dini. Alasannya pada zaman sekarang pengguna gadget terutam smartphone tidak hanya orang dewas. Anak-anak di bawah umur pun sudah mengenal gadget. Tak jarang kecanduan gadget pada anak usia dini terjadi. Bahkan di dalam media berita sering memberitakan bawa anak mengalami kondisi ketakutan untuk aktivitas sehari-hari tanpa gadget seperti smartphone atau dalam bentuk lainnya hal ini disebut juga nomophobia ( no mobile phobia ). Anak merupakan kelompok yang berisiko terhadap masalah kesehatan berdasarkan sumber (Depkes, 2008).

Dampak Negatif Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini

Tahukah Kamu bahwa penggunaan gadget pada anak usia dini akan memberikan dampak negatif yang sangat luar biasa sedangkan dampak negatif dari penggunaan gadget pada anak usia dini yaitu :

  1. Gadget dapat memengaruhi respons visual pada anak
  2. Pertumbuhan Otak anak akan terlalu cepat
  3. Obesitas karena tidak banyak kegiatan dilakukan
  4. Radiasi dapat memicu kerusakan pada otak
  5. Hambatan perkembangan karena banyak menghabisan waktu bermain samartphone
  6. Penyakit mental terhadap anak
  7. Memicu gangguan tidur dan sulit bangun pada pagi hari
  8. Meniru Hal-hal negatif

Tentu saja, berdasarkan delapan poin di atas, masih banyak dampak negatif pengguna gadget terhadap anak-anak yang tidak dapat admin jelaskan. Dengan cara ini tentunya kita harus berasumsi bahwa anak tidak akan menjadi kecanduan dan jika anak sudah kecanduan dengan gadget, kamu bisa menyimak cara di bawah ini.

Cara Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak Usia Dini

Membatasi Penggunaan

Cara yang pertama kamu bisa membatasi penggunaan gadget , tentu saja sebagai orang tua kita harus memberikan batasan penggunaan gadget, mungkin hal ini akan sulit diterapkan pertama kali karena anak telah telanjur kecanduan dan kemungkinan si anak akan membrontak, namun demi kebaikan anak kamu perlu melakukan cara ini. Berikan dan ajak untuk lebih banyak bersosialisasi dengan teman. Matikan perangkat sebelum Kamu pergi tidur. Batasi penggunaan aplikasi yang membuat ketagihan.

Beri Jawal

Langkah kedua adalah memberi anak waktu untuk menggunakan gadget. Mungkin sampai saat ini Kamu belum memberikan batasan waktu kepada anak untuk menggunakan smartphone agar mereka memiliki batasan untuk menggunakannya. Mungkin Kamu bisa mengatur waktu anak bisa menggunakan smartphone tersebut. Setelah memberikan jadwal penggunaan smartphone, tawarkan aktivitas alternatif agar anak memiliki kegiatan lain dan anak tidak hanya fokus dalam menggunakan gadget.

Uninstal Aplikasi yang membuat sianak kecanduan

Langkah ketiga adalah uninstal aplikasi yang membuat sianak kecanduan terhadap gadget, tentu langkah ini perlu kamu lakukan bisanya anak tahan berlama-lama di gadegt mereka karena faktor aplikasi yang mereka sukai pada gadget, seperti geme, aplikasi sosial media dll. jadi kamu perlu melakukan pengecekan aplikasi.

Batasi Kouta Akses Internet

Setelah kamu melakukan penginstalan kemudian berikan batas akses internet kepada sianak. Hal ini bertujuan agar anak tidak mengunduh kembali aplikasi yang kamu hapus, atau mengunduh aplikasi atau game yang dapat membuat anak kecanduan.

Instal Aplikasi Bermanfaat

Jika kamu telah melakukan langkah keempat dengan tidak memberikan akses internet langkah yang kelima adalah silahkan instal aplikasi yang brmanfaat, mungkin aplikasi yang mengajak sianak untuk belajar bahasa ingris, dll.

Beritahu Efek Buruk penggunaan Gadget

setelah langkah petama sampai kelima telah kamu lakukan selanjutnya berikan pendekatan kepada kamu kemudian beritahu efek buruk penggunaan gadeget. sehingga sianak bisa memahaminya

Berikan Contoh Yang Baik.

yang terakhir adalah dengan memberikan contoh yang baik kepada anak, sebagai orang tua yang bijak berikan lah contoh yang kepadanya, contohnya jangan menggunakan gadget milik kamu saat sianak kamu berikan jadwal untuk tidak menggunakannya.

Itulah beberapa tips cara mengatasi kecanduan gadget pada anak usia dini. Tentu saja, menggunakan cara-cara di atas akan sulit pada awalnya, tetapi kami yakin jika Kamu konsisten menggunakan tips ini, anak Kamu akan terbiasa. Atau kamu sebagai orang yang sudah memahami sifat sianak mungkin memiliki cara yang berbeda. Ini tips kami, Semoga tips ini dapat memberikan dampak positif dan membawa perubahan bagi anak Kamu.