0
Home  ›  Blogger  ›  Documents

Berikut Daftar Tools SEO Lengkap Yang Wajib Kamu Miliki

"Tools SEO Lengkap Yang Wajib Kamu Miliki - Dengan menggunakan daftar Tools SEO di bawah ini peluang website Kamu untuk rangking pertama."

Tools SEO Lengkap Yang Wajib Kamu Miliki - Dengan menggunakan daftar Tools SEO di bawah ini peluang website Kamu untuk  rangking pertama di Google menjadi lebih besar, Tools SEO ini ada yang versi Berbayar dan Juga Versi Gratis, Tools ini juga dipakai oleh pakar SEO Dunia dan Indonesia.

Daftar Pengguna Tools SEO

Berikut daftar yang menggunakan juga beberapa Tools SEO :
  • Neil Patel
  • Seo Mastery
  • Charlie Sianipar
  • EliteMarketer
  • Moz
  • Dan Lain-lain

Daftar Lengkap Tools SEO  Terbaik Terbaik Yang Wajib Kamu Ketahui

Google Search Console

Google Search Console mungkin memang terlihat mirip dengan Analytics. Akan tetapi, fungsi dari Google Search Console ini digunakan untuk menganalisa kata kunci-kata kunci tertentu yang masuk ke target pengunjung. Untuk menganalisa backling Kamu juga bisa memilih opsi “Links to your site”, sehingga Kamu akan tahu backlink mana saja yang menuju pada situs Kamu. Yang paling penting tentu untuk mendeteksi ling broken yang ada pada situs Kamu sehingga Kamu akan cepat untuk memperbaikinya.

Google Analytics

Tools Goosle Analytics merupakan salah satu tools yang paling banyak di gunakan. Admin pikir semua blogger menggunakan Google Analytics. Google Analytics memungkinkan untuk melakukan tracking pada situs Kamu. Maksudnya, Kamu dapat melihat jumlah trafik pada saat hari itu, melihat pengguna yang sedang aktif, bounce rate, halaman yang paling banyak di kujungi pengguna, serta menunjukan halaman yang sedang dikunjungi. Termasuk juga Google Analytics digunakan untuk memeriksa data Kamu. Nah untuk itu, Kamu dapat melakukan perbaikan atau memudahkan Kamu untuk mengevaluasi data yang salah pada situs Kamu.

Google Keyword Planner

Tools ini mungkin wajib Kamu gunakan sebelum membuat artikel pada situs Kamu. Google Keyword Planner memungkinkan Kamu meriset kata kunci. Hanya perlu memasukkan kata tertentu di tool ini, dan Google akan memberikan kata kunci rekomendasi, ataupun  terkait dengan entri tersebut. Ada juga jumlah hasil pencarian per bulan dan tingkat kesulitan perasingan di halaman pertama. . Google Keyword Planner sendiri penting digunakan apabila Kamu ingin membuat konten sesuai dengan apa yang dicari oleh calon audiens Kamu. Dengan menyesuaikan konten dengan kata kunci yang dicari, memperbesar kemungkinan Kamu mendapatkan pengunjung yang lebih banyak karena volume pencarian tersebut.

UberSuggest

Ubersuggest adalah tool yang umum digunakan untuk melakukan penelitian kata kunci. Kata kunci turunan juga akan tampil berbeda, diurutkan berdasarkan abjad dan numerik. Cocok untuk Kamu yang sedang mencoba peruntungan di SEO menggunakan kata kunci atau sekedar mencari informasi tentang konten yang sedang Kamu susun.

Cloudflare

Cloudflare adalah DNS gratis. DNS sendiri merupakan sistem penyimpanan data server yang tersedia di berbagai negara. Dengan data server yang disimpan di beberapa lokasi, pengunjung akan merasakan kecepatan akses yang stabil dan cepat yang sama di berbagai negara. Tool ini cocok untuk Kamu yang ingin meningkatkan kecepatan halaman tetapi dengan biaya yang sedikit terbatas.

Keywordtool.io

Tool penelitian kata kunci ini tampaknya yang paling banyak digunakan. Apalagi jika Kamu mencari long tail keyword untuk keperluan SEO. Kata kunci long tail sendiri diperlukan karena memiliki tingkat persaingan yang cukup rendah. Tentunya sangat mungkin website Kamu akan berada di peringkat teratas mesin pencari.

Keywordtool.io tidak hanya digunakan untuk penelitian kata kunci Google tetapi Kamu juga dapat menggunakannya untuk YouTube, Blog, eBay, Play Store, Amazon, Twitter, dan lainnya. Bahkan di sini ada pilihan lokasi dan bahasa yang akan memudahkan Kamu. Untuk setiap kata kunci entri, Kamu akan mendapatkan saran untuk lebih dari 750 kata kunci berekor panjang. Tentu saja, itu sangat menarik.

Pingomatic

Jika Kamu mengubah atau pun menambahkan sesuatu pada artikel Kamu. Kamu perlu mempertimbangkan untuk menggunakan Piongomatic. Pingomatic me tool merupakan tools unuk memberi tKamu atau peringatan pada situs-situs mesin pencari, bahwa situs Kamu baru saja mengalami perubahan pada artikel. Dengan demikian memberi ping pada mesin pencarian akan membuat bot mengunjungi untuk melakukan pengindeksan pada artikel Kamu.

SEMRush

SEMRush memberikan akses gratis pada pengguna, meski gratis SEMRush memberikan tools yang sangat baik.Seperti, SEMRush dapat menampilkan kata kunci yang digunakan oleh kompetitor Kamu. Sehingga Kamu akan lebih mudah untuk memahami kata kunci yang digunakan oleh kompetitor Kamu. Dengan begitu Kamu tidak perlu kawatir dengan keberhasilan riset kata kunci tersebut, yang sudah teruji oleh kompetitor-kompetitor Kamu.

Selain itu SEMRush juga memberikan fitur untuk melacak progres situs Kamu dari waktu ke waktu. Kamu bisa memeriksa berapa kata kunci yang situs Kamu kuasai, serta membandingkannya dengan milik kompetitor. Ada juga tools lain berupa Backlink Disavow tool, yang memudahkan Kamu menghapus backlink spam yang mengarah ke situs Kamu.

Ahrefs

Ahrefs merupakan salah satu tools terbaik untuk membatu analisa Kamu. Seperti, menentukan kata kunci yang dapat menarik banyak pengunjung, melihat link broken, menganalisis backlink milik Kamu dan termasuk kompetitor. Ahrefs memiliki lebih dari 1 triliun link, memiliki index yang sangat banyak dan juga update setidaknya satu kali dalam satu harinya. Tampilan sederhana dan UI yang mudah dipahami sehingga memudahkan Kamu untuk menggunakannya.

Alexa

Alexa awalnya adalah mesin pencari situs web, tetapi kini telah berkembang menjadi alat analisis web. Adapun yang bisa dianalisis menggunakan Alexa, seperti volume trafik, popularitas website di berbagai negara, bounce rate, demografi pengunjung, dll. Yang menarik dari tools ini adalah Kamu tak hanya bisa mempelajari situs Kamu sendiri, namun dapat juga digunakan untuk menganalisa situs orang lain. Ini tentu bermanfaat untuk mempelajari kompetitor Kamu.

Plagiarism Checker

Sebelum Kamu merilis artikel ada baiknya Kamu perlu menggunakan tools Plagiarism Checker. Seperti aturan yang diberikan bahwa perilaku duplikat conten atau konten berulang sangat tidak disukai oleh google. Bahkan ketika Google mendeteksi hal tersebut artikel Kamu akan mengalami penurunan peringkat pada mesin pencarian. Originalitas sangan penting sehingga Kamu perlu menggunakan Tool Plagiarism Checker untuk memeriksa plagiasi di dalam artikel, sekaligus menghitung persentase plagiasi dan originalitas di dalam artikel tersebut. Dalam penggunaan tools ini dapat sekaligus maksimal 1000 kata untuk mode gratis.

Article Spinner

Untuk mengakali plagiarism Kamu mungkin perlu tools ini. Spinner, sesuai namanya, memiliki kegunaan yaitu memutar kata. Dengan kata lain, kata yang ada dalam atrikel Kamu akan di ganti dengan kata lain atau sinonim yang tersimapan dalam database website tersebut.

Selain itu, untuk membuat artikel instan Kamu juga bisa memanfaatkan tools ini. Dengan mengambil artikel orang lain dan menggunakan tools Article Spinner ini. Maka, artikel Kamu tidak akan terdeteksi plagiat oleh google. Meski demikian, kualitas artikel hasil spinner tidak lebih bagus dari artikel aslinya. Biasanya, kalimat yang dihasilkan sedikit aneh. Akan tetapi Kamu dapat sedikit mengubah penyesuaian agar mendapatkan kualitas artikel yang bagus.

Yoast SEO

Bagi para pengguna wordpress mungkin tidak akan asin dengan plugin satu ini. Meskipun sederhana namun banyak digunakan larena peluang berhasil lebih besar. Yoast SEO berguna untuk memperkuat optimasi SEO situs Kamu. Plugin ini memiliki banyak fitur, mulai dari cek konten, edit meta title dan meta description, cek kepadatan kata kunci, ubah setting permalink, dan lainnya. Tersedia fitur lengakap meskipun Yoast SEO juga menawarkan versi premiumnya. Yoast juga secara rutin melakukan upgrade berdasarkan algoritma Google, membuatnya selalu beradaptasi dengan perkembangan mesin pencari.

Google Trends

Jika Kamu ingin mengetahui tren terbaru, Kamu ingin mengetahui kata kunci mana yang paling banyak dicari oleh pengguna. Google Trends dapat memberi tahu Kamu tentang kata kunci yang dicari, diskusi tentang topik tertentu yang sedang dibahas, dan lainnya. Ini sangat cocok untuk Kamu yang ingin tetap update dan menjadi yang pertama melaporkannya melalui website Kamu. 

AMP

AMP merupakan proyek yang dikembangkan oleh Google bersama dengan beberapa perusahaan lain, seperti Wordpress dan Twitter. Tujuannya adalah menciptakan akses website yang lebih ringan meskipun koneksi user tersebut lambat. Karena saat user dengan koneksi lambat biasanya sering Ini bekerja dengan menghapus elemen gaya yang kurang penting, hanya menyisakan konten yang penting. Hasilnya adalah akses cepat dan halaman ringan. AMP sendiri penting untuk diterapkan di situs Kamu, karena Google cenderung menyukai situs yang sudah menyediakan fungsionalitas AMP. AMP sendiri bisa digunakan melalui plugin AMP di WordPress. Bila Kamu menggunakan CMS lain, AMP bisa diimplementasi dengan menyalin kode tertentu yang sudah disediakan oleh Google ke struktur situs Kamu.

Soovle

Seperti halnya Google Keyword Planner  Soovle adalah alat periset kata kunci juga. Yang membedakan adalah Soovle tidak butuh membuat akun, hasil Soovle berasal dari situs-situs populer lain tak hanya Google, serta hasil yang muncul berupa kata kunci yang lebih panjang.

Follow.net

Follow.net adalah tools online yang memberikan akses gratis yang dapat digunakan untuk membongkar situs kompetitor. Melalui tools ini, Kamu bisa membongkar jumlah traffic bulanan kompetitor, membagi saluran traffic yang ia gunakan, model iklan yang ia pakai di Google Adwords (jika ada), fanpage-nya di Facebook, dan masih banyak lagi. Untuk fitur yang lebih lengkap Kamu diharuskan mendaftar pada situs Follow.net tersebut.

Kissmetrics

Kissmetrics adalah platform buatan Neil Patel yang sangat efektif dalam membuat website dengan penjualan maksimal. Kissmetrics sendiri dapat digunakan untuk menganalisa perilaku pengunjung situs Kamu. Kamu juga dapat membuat segmentasi pengguna berdasarkan kategori tertentu, lalu menciptakan campaign alias promosi yang sesuai dengan kategori dan behavior dari audiens tersebut. Selain untuk analisa, Kissmetrics juga dapat digunakan sebagai evaluasi situs dan mengoptimalkan behavior pengunjung menjadi peluang penjualan.

CrazyEgg

Tools ini termasuk dalam tools yang unik. Kamu dapat menggunakan untuk mendeteksi pergerakan pengunjung situs Kamu. CrazyEgg akan menampilkan heatmap berupa ke mana saja kursor pengunjung bergerak, seberapa jauh scroll dilakukan, dan bagian mana dari konten Kamu yang paling banyak dilihat. Ini dapat Kamu gunakan untuk mengoptimalkan konten Kamu, meminimalisir bounce rate, dan melakukan A/B test mengenai konten mana yang lebih baik. Sayangnya tools CrazyEgg ini berbayar, namun Kamu dapat mencoba versi trial gratis selama 30 hari.

SEOQuake

SEOQuake adalah extension yang dapat Kamu gunakan di Google Chrome secara gratis. Meski gratis, potensinya tidak bisa diremehkan. Kamu dapat menggunakan SEOquake untuk melakukan audit SEO secara real time. Kamu dapat memeriksa jumlah kata, kepadatan kata kunci, kata yang paling sering muncul, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa memeriksa link yang mengarah ke situs dan anchor text. Tidak hanya situs Kamu, Kamu dapat pula memeriksa situs milik kompetitor menggunakan SEOquake.

CheckMyLinks

Sebuah software untuk desktop yang mempunyai beberapa fungsi diantaranya memeriksa peringkat situs, menganalisa backlink milik kompetitor, mengaudit situs, serta meriset kata kunci. Software ini dapat Kamu gunakan secra gratis, Namun Kamu juga bisa membeli versi premiumnya yang disediakan.

Citation Labs’ Link Prospector

Sebuah mesin pencari link yang bisa diKamulkan. Link Prospector akan secara aktif memeriksa dunia internet, untuk mencari peluang menambah link. Peluang yang akan diberikan berupa laman resource, peluang melakukan guest posting, blog berisi artikel, situs berita, dan lainnya masih banyak lagi. Tools satu ini berbayar, namun Kamu perlu mempertimbangkan karena manfaat besarnya dalam membangun link dan popularitas tak perlu diragukan.

Broken Link Finder 

Tools Broken Link Finder  akan mencari link yang halamannya sudah dihapus. Kamu perlu mengetikkan kata kunci yang Kamu perlukan, lalu tools ini akan mencarikan link rusak untuk Kamu. Selanjutnya, Kamu tinggal mencari tahu apa isi laman yang sudah dihapus tersebut, lalu buat konten yang lebih baik dari isi laman tersebut.

Bila sudah, Kamu tinggal menghubungi webmaster dari pemilik link rusak tersebut, dan meminta izin agar link yang mengarah ke laman rusak itu di-redirect ke situs Kamu.

Tak hanya memberikan lonjakan traffic, hal ini sekaligus juga sebagai penambah backlink.

HARO 

Salah satu cara mendongkrak traffic dalam waktu singkat adalah membuat situs Kamu diliput media. Upaya peliputan media dapat dilakukan dengan siaran pers. Apabila tidak punya biaya untuk menciptakan press release, Kamu bisa menggunakan situs yang satu ini. HARO, atau Help a Reporter Out, adalah situs berisi informasi seputar reporter dan jurnalis. Kamu dapat mencari biodata mereka, akun sosial media mereka, serta blog mereka. Kamu juga dapat menghubungi mereka untuk menawarkan psiaran pers terkait situs Kamu.

YTCockpit

YTCockpit adalah tools yang bisa digunakan untuk mengoptimasi Youtube Kamu menggunakan kata kunci. Bila Kamu mengetik kata kunci tertentu di YTCockpit, Kamu dapat memeriksa rata-rata panjang video, jumlah view, likes, comments, dan juga jumlah subscribers dari video yang muncul di halaman pertama YouTube. Bila Kamu seorang Youtuber, Kamu dapat menggunakan tool ini untuk memeriksa kompetitor Kamu pada kata kunci yang sama, dan untuk meneliti apa saja yang bisa Kamu lakukan dengan lebih baik.

Buzzsumo

Buzzsumo adalah tool penting yang digunakan untuk membuat artikel viral. Fungsi utama Buzzsumo adalah untuk mencari artikel yang ada. Biasanya artikel di halaman 1 Google bukan artikel viral, hanya artikel yang dioptimalkan. Namun, postingan viral bisa dilihat dari jumlah share di Facebook, link dari Twitter dan Pinterest. Kamu dapat melihat artikel-artikel viral tersebut, mencari tahu apa yang membuatnya viral, dan menggunakan trik serupa pada artikel mereka.

Quicksprout Website Analyzer

QuickSprout adalah tool yang akan sangat membantu menganalisa pada situs Kamu. Cukup sambungkan analytics Kamu dengan tool ini, maka tool ini akan otomatis menganalisa visibiliti situs Kamu, memeriksa jumlah social shares, kecepatan loading, dan lain sebagainya. Selain itu Quicksprout juga menyediakan rekomendasi yang dapat Kamu lakukan terkait analisa tersebut.

Structured Data Markup Helper

Di pencarian Google, seringkali kita menemukan sebuah kotak berisi informasi-informasi penting terkait kata kunci yang kita cari. Saat diklik, kotak tersebut mengarah ke satu halaman web. Ini populer juga dengan dikenal sebagai ranking 0, karena posisinya di atas peringkat 1 pada hasil pencarian Google. Kamu pun dapat juga mengejar posisi ranking 0 ini, yakni dengan membuat markup. Namun membuat data markup tidak mudah. Maka, Kamu bisa memanfaatkan tools dari Google ini. Structured Data Markup Helper dapat membantu Kamu membangun schema markup secara cepat dan mudah.

LinkMiner

LinkMiner dapat memeriksa tautan yang rusak di suatu halaman. Namun, tidak seperti analitik tautan lainnya, LinkMiner bisa menunjukkan Kamu berapa banyak link yang mengarah ke link tersebut. Misalnya ada sebuah laman yang rusak (404). Meskipun sebuah laman rusak, tak jarang banyak link lain yang mengarah ke laman tersebut. Kamu dapat mencari seberapa banyak link yang mengarah ini, sekaligus dari mana saja asalnya. Ini akan efektif bila Kamu sedang membangun link dengan cara White Hat. 

Rmoov

Ada sebuah trik kotor yang disebut negative SEO. Trik ini dilakukan dengan cara mengirimkan ribuan link ke situs milik kompetitor Kamu, dengan tujuan agar situs kompetitor terkena penalti oleh Google. Bila suatu saat Kamu menjadi korban negative SEO, atau merasa banyak link aneh yang mengarah ke situs Kamu, gunakan tools satu ini. Rmoov dapat membantu Kamu melacak link yang mengarah ke situs Kamu, menganalisanya, lalu menghapusnya.

SECockpit

SECockpit mungkin adalah salah satu tool riset kata kunci paling canggih. Kamu hanya perlu memasukkan satu kata utama, dan Kamu akan mendapatkan list kata kunci terkait dalam jumlah yang jauh lebih banyak dari tool lainnya. Tool satu ini juga bisa menunjukkan Kamu kata kunci yang harga per kliknya minimal. Sehingga Kamu bisa mendapatkan harga iklan minimal dengan hasil efektif. 

Bloomberry

Bloomberry adalah tools yang dapat Kamu gunakan untuk meriset kata kunci utama, sekaligus kata-kata lain yang kerap muncul berdampingan dengan kata kunci tersebut. Misalnya bila Kamu meriset kata kunci terkait ponsel, maka Bloomberry akan menampilkan kata-kata pendamping seperti kamera, layar, pixel, sinyal, body, dan lainnya. Tools ini juga berguna untuk Kamu yang sedang membuat konten dan ingin konten tersebut benar-benar relevan dengan apa yang calon pengunjung cari.

The Graph

Mesin pencari konten yang berasal dari Indonesia. Tool ini digunakan di Facebook. Fungsinya untuk mencari artikel viral, gambar atau video berdasarkan kata kunci tertentu. Fungsi lainnya adalah Tool tersebut dapat mencari beberapa konten viral. Kamu perlu menggunakan Tool ini agar artikel Kamu menjadi viral.

WPSmush

WPSmush adalah plugin yang berguna untuk mengompresi gambar secara otomatis. Jika Kamu menggunakan CMS Wordpress Kamu perlu menggunakan tools ini. Kamu tinggal menginstal plugin ini, dan plugin ini akan otomatis mengompres gambar dengan instan. Jadi Kamu tidak perlu repot mengompres gambar sebelum mengunggahnya. 

Moz Open Site Explorer

Sebuah tools yang dirancang oleh Moz. Mempunyai banyak fungsi seperti memeriksa (DA) domain authority milik situs Kamu ataupun orang lain, menganalisa link yang mengarah ke situs tersebut, laman terpopuler di situs tersebut, memeriksa domain apa saja yang membuat backlink ke situs tersebut, dan lain-lain.

HitTail

Digunakan untuk meriset kata kunci panjang. Bila Kamu menuliskan kata kunci yang Kamu inginkan di HitTail, tools ini akan mencarikan kata kunci panjang yang sering dicari orang, dan kata-kata lain yang terkait. Tools ini cocok untuk Kamu yang sengaja mengincar SEO melalui long tail keywords.

Google PageSpeed Insights

Tools Google PageSpeed Insights  ini digunakan untuk menganalisa kecepatan situs Kamu. Tak hanya analisa kecepatan, situs ini juga akan mengevaluasi situs Kamu, dan memberikan hal-hal yang bisa dimodifikasi atau diperbaiki agar situs Kamu dapat meraih kecepatan maksimal.

SmallSeoTools Backlink Maker

Jika Kamu membutuhkan backlink, Kamu tak perlu bersusah payah. SmallSEOTools punya sebuah tools yang dapat memberikan Kamu beberapa backlink sederhana.  Tak banyak memang, namun lumayan untuk menambah backlink Kamu, terutama bila situs Kamu masih tergolong baru. Namun penggunaannya sebaiknya tidak sering-sering, karena profil backlinknya tidak relevan dengan topik situs Kamu. Tetap saja, Kamu harus membangun backlink secara manual.

Image Compression

Beberapa cara untuk meningkatkan kecepatan website antara lain menggunakan server yang baik dan meminimalkan penggunaan javascript. Ya, gambar yang terdapat di situs Kamu bisa dikecilkan. Dengan mengkompres gambar, Kamu bisa meningkatkan kecepatan situs.

SERPMojo

Sedikit berbeda dengan tools lainnya, tools SEO ini digunakan melalui aplikasi Android dan iOS. Fungsinya adalah melacak posisi situs Kamu di beberapa kata kunci yang sudah Kamu tentukan. Selain itu, SERPMojo juga bisa melacak perkembangan posisi situs Kamu dari waktu ke waktu, dilengkapi dengan grafik dan rentangan waktu.

HiStats

Namun, beberapa blogger mengklaim bahwa hasil yang diberikan oleh HiStats lebih lengkap dibandingkan Google Analytics.

Website Penalty Indicator

Website Penalty Indicator bisa Kamu gunakan untuk bahan evaluasi. Tool satu ini dapat memeriksa traffic Kamu, lalu mendeteksi kecurigaan pelanggaran berdasarkan traffic tersebut dan algoritma Google. Jadi Kamu tak perlu khawatir dengan pinalti pelanggaran dari google.

YoRocket

YoRocket adalah tool yang dikembangkan oleh Brian Dean dari Backlinko. Fungsi tool ini adalah untuk mengoptimalkan tag judul dan deskripsi artikel Kamu, sehingga meningkatkan rasio klik-tayang. Fitur keren lainnya adalah eksperimen tag judul. Kamu dapat menyiapkan dua judul untuk artikel yang sama dan melihat mana yang mendapatkan klik terbanyak. Cocok untuk mereka yang menyukai pengujian A/B.

Screaming  Frog SEO Spider

SEO Spider adalah alat yang dapat digunakan untuk menguji situs web Kamu. Kamu dapat mencari tautan yang rusak, menduplikasi konten, membuat peta situs XML, dan lainnya. Kamu dapat menggunakan alat ini di Windows, Linux, dan MacOS. 

Mention.net

Ingin tahu siapa yang berbagi konten di situs Kamu? Atau apakah Kamu hanya ingin tahu apa yang dikatakan orang tentang situs Kamu? Gunakan alat yang satu ini. Mention.net bertindak sebagai mata untuk segalanya, memberi tahu Kamu siapa yang membicarakan Kamu dari kejauhan. Kamu dapat mengukur tampilan merek Kamu di mata pengunjung lain dengan alat ini 

SimilarWeb

Tidak tahu sejauh mana progres Kamu dalam menyaingi kompetitor? Lalu bagaimana Kamu dapat bersaing dengan kompetitor. Sepertinya Kamu perlu mengunakan tools satu ini SimilarWeb berguna untuk membandingkan semua aspek analisis situs web Kamu dengan pesaing Kamu. Kamu dapat membandingkan volume lalu lintas, jumlah tautan, rujukan, sumber backlink, dll.

SEO Site Checkup

Site Checkup adalah tool yang dapat Kamu gunakan untuk mengaudit situs dalam waktu cepat, memeriksa tag, serta menemukan kesalahan-kesalahan yang dapat diperbaiki dari situs Kamu.

XML Sitemaps

Tools satu ini berguna untuk membuat XML Sitemaps, yang bisa diunggah ke Google Webmaster. Sitemaps sendiri berfungsi sebagai “petunjuk jalan” pada bot Google, sehingga bot dari Google dapat mengcrawling data-data yang Kamu bolehkan, dan tidak mengcrawl data yang sifatnya privasi.

DMCA Protection

Untuk mencegah artikel Kamu di copy orang lain Kamu tinggal mendaftarkan situs Kamu ke DMCA Protection. Bila situs Kamu sudah terdaftar DMCA, maka blogger atau pengguna internet lain yang melakukan plagiasi atas karya Kamu akan dicari dan diberikan hukuman.

SpyFu

SpyFu adalah alat PPC yang telah ditambahkan dengan banyak pembaruan terkini. Fitur utamanya adalah Keyword Kombat, yaitu fitur riset kata kunci yang sedang dikuasai kompetitor Kamu. Sehingga Kamu bisa mengejar dan menguasai kata kunci tersebut.

GSA SER

Mesin pencari backlink ini adalah yang terbaik! Bagi Kamu yang menggunakan PBN dan Linkwheel atau Link Pyramid, Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan software yang satu ini. Biasanya agar lebih optimal kita juga menggunakan GSA Captcha breaker untuk menghindari keharusan mengisi CAPTCHA. Software ini sudah pasti digunakan oleh SEO agency di Indonesia dan menjadi pilihan terbaik untuk membuat PBN dan mencari backlink.

Pinterest

Pinterest sejatinya bukan sebuah tool SEO, namun fungsinya yang berupa social bookmark dapat menjadi satu cara untuk membuat link. Misalnya, Kamu bisa saja membookmark artikel Kamu sendiri ke pinterest. Pinterest akan membuat link untuk bookmark tersebut. Kebetulan Google menganggap ini sebagai backlink. Artinya, setiap kali Kamu membookmark artikel, Kamu membuat satu backlink untuk situs Kamu sendiri. Cocok untuk blogger yang baru memulai dan hanya memiliki sedikit backlink.

Tools SEO Penting Lainnya Yang Dapat Kamu Gunakan Untuk SEO Situs Kamu 

  • Google Related Keywords Generator
  • KWFinder (Tools pencari keyword terbaik menurut saya)
  • Mesin Pencari Blog/Domain Zombie
  • Penanam Backlink di Website .GOV .EDU
  • CoreSEO / Tools SEO Off-Page & On-Page Optimization
  • Page Builder Bisa Pakai Elementor atau WPBakery
  • Facebook Meta Graph
  • WordAI
  • Schema Markup Plugin
  • Article Sparta
  • Grammaly

Extension Tools SEO Dengan menggunakan Google Chrome 

  • MozBar
  • Ahrefs Bar
  • SEOQuake
  • SEO Minion
  • Page Load Time

Dari banyak daftar tools  diatas silahkan untuk di cermati fungsi masing-masing untuk website, youtube dan lainnya. Tentu sangat berguna untuk meningkatkan SEO sehingga memperbesar peluang Kamu untuk menang dalam bersaing dengan kompetitor. Jika ada yang dirasa perlu ditanyakan. Silahkan tinggalkan komentar. Selamat mencoba. Semoga harimu menyenangkan, salam.


Esa Adecsa
Ordinary person with extraordinary dream ✨
Post a Comment
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS