Apa itu Firewall App Blocker dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Ngebait.com - Firewall App Blocker (Fab) adalah sebuah aplikasi portabel yang memungkinkan Anda untuk memblokir atau membuka akses internet untuk aplikasi tertentu melalui Windows Firewall. Aplikasi ini menawarkan antarmuka yang mudah digunakan, cukup dengan menyeret dan meletakkan, menjelajah, atau menambahkan aplikasi ke jendela Fab. Anda juga dapat menggunakan mode daftar putih, perintah prompt, atau perintah file untuk menyesuaikan pengaturan Anda. Aplikasi ini mendukung berbagai bahasa dan dapat berjalan di Windows 11/10/8.1/8/7/Vista.

Mengapa Anda Perlu Firewall App Blocker?

Windows Firewall adalah fitur bawaan Windows yang dapat membantu Anda melindungi komputer Anda dari serangan jaringan yang tidak diinginkan. Namun, Windows Firewall tidak menawarkan antarmuka yang mudah digunakan untuk fitur-fitur lanjutannya. Jika Anda ingin memblokir sebuah aplikasi dari mengakses internet, Anda harus melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Klik Menu Start Windows dan buka Control Panel
  2. Pilih System & Security
  3. Kemudian di bagian Firewall, Anda pilih "Allow a program through the Windows Firewall"
  4. Jika program yang ingin Anda blokir atau buka tidak terdaftar, Anda harus klik "Allow another program" untuk menambahkannya. Pilih aplikasi di daftar dan pilih "Add". Atau Anda harus menjelajah hard drive untuk menemukannya, dan seterusnya.

Bagaimana Cara Menggunakan Firewall App Blocker?

Untuk menggunakan Firewall App Blocker, Anda hanya perlu mengunduh aplikasi ini dari [situs resmi] dan menjalankannya. Anda tidak perlu menginstal atau mengkonfigurasi apa pun. Setelah Anda membuka aplikasi ini, Anda akan melihat jendela utama yang berisi daftar aplikasi yang telah Anda blokir atau buka. Anda dapat menambahkan aplikasi ke daftar dengan cara berikut:

  • Menyeret dan meletakkan ikon aplikasi ke jendela Fab
  • Mengklik tombol Add File dan menjelajah file aplikasi yang ingin Anda tambahkan
  • Mengklik tombol Add Process dan memilih proses aplikasi yang sedang berjalan

Setelah Anda menambahkan aplikasi ke daftar, Anda dapat memblokir atau membuka akses internet untuk aplikasi tersebut dengan cara berikut:

  • Klik kanan pada aplikasi dan pilih "Block" atau "Allow"
  • Pilih aplikasi dan tekan tombol Delete atau Allow
  • Menggunakan perintah prompt atau file untuk mengubah status aplikasi

Anda juga dapat melihat status aplikasi, apakah masuk atau keluar, dan tanggal penambahan di kolom-kolom yang tersedia.

Fitur-Fitur Menarik dari Firewall App Blocker

Selain fitur-fitur dasar yang telah disebutkan di atas, Firewall App Blocker juga memiliki beberapa fitur menarik lainnya yang dapat Anda temukan di menu Firewall, antara lain:

  • Mode Daftar Putih: fitur ini akan memblokir semua aplikasi kecuali yang ada di daftar putih, untuk mengaktifkannya centang kotak "Enable WhiteList" di sudut kanan bawah. Mode daftar putih menolak akses ke semua antarmuka jaringan, setelah mengaktifkan mode daftar putih seret dan lepaskan sebuah aplikasi atau beberapa aplikasi ke antarmuka "Firewall Application Blocker" untuk mengizinkannya.
  • Block Internet: fitur ini akan memblokir semua akses internet untuk semua aplikasi, kecuali yang ada di daftar putih. Fitur ini berguna jika Anda ingin memutus koneksi internet sementara tanpa harus melepas kabel atau mematikan Wi-Fi.
  • Restrict Firewall Options: fitur ini akan membatasi opsi firewall Windows, sehingga pengguna lain tidak dapat mengubah pengaturan firewall tanpa izin Anda. Fitur ini membutuhkan hak administrator untuk diaktifkan atau dinonaktifkan.
  • Import/Export: fitur ini memungkinkan Anda untuk mengimpor atau mengekspor daftar aplikasi yang telah Anda blokir atau buka, sehingga Anda dapat memindahkan atau membackup pengaturan Anda.

Kesimpulan

Firewall App Blocker adalah sebuah aplikasi yang sangat berguna untuk mengelola akses internet untuk aplikasi-aplikasi di komputer Anda. Aplikasi ini menawarkan antarmuka yang mudah digunakan, fitur-fitur menarik, dan portabilitas yang tinggi. Anda dapat mengunduh dan menggunakan aplikasi ini secara gratis dari situs resminya [disini]. Jika Anda memiliki pertanyaan, saran, atau masalah, Anda dapat menghubungi tim pengembang di situs web atau halaman unduhan mereka. Selamat mencoba!

Read Also
Post a Comment