Batocera: Cara Memainkan Ribuan Game Retro dan Modern di PC Anda Tanpa Emulator

Bermain Game Retro Dengan Batocera

Ngebait.com - Batocera adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang khusus untuk menjalankan game retro. Sistem operasi ini sudah terkonfigurasi dengan berbagai macam emulator, sehingga Anda dapat memainkan game-game klasik dari berbagai platform, seperti NES, SNES, Mega Drive, PlayStation, dan banyak lagi.

Batocera sepenuhnya gratis dan open-source, Anda dapat menyalin ke USB stick atau kartu SD dengan tujuan mengubah komputer/nano komputer apa pun menjadi konsol game selama permainan atau secara permanen. BATOCERA tidak memerlukan modifikasi apa pun pada komputer Anda. BATOCERA dibangun dari emulator terbaik memberi Anda akses ke 190+ sistem! 

Batocera dapat diinstal pada berbagai perangkat, termasuk PC, laptop, Raspberry Pi, dan bahkan flash drive. Hal ini menjadikannya pilihan yang ideal untuk membuat pusat permainan retro portabel.

Berikut adalah beberapa fitur utama Batocera:

  • Mendukung berbagai macam emulator, termasuk RetroArch, MAME, Dolphin, dan PPSSPP.
  • Dilengkapi dengan berbagai macam fitur, seperti dukungan untuk controller, jaringan, dan streaming.
  • Dapat diinstal pada berbagai perangkat, termasuk PC, laptop, Raspberry Pi, dan flash drive.

Kelebihan BATOCERA

  1. Gratis: BATOCERA sepenuhnya gratis dan open-source.
  2. Batocera sudah dilengkapi dengan antarmuka pengguna yang ramah pengguna. Anda dapat mulai memainkan game retro hanya dengan beberapa klik saja.
  3. Mudah digunakan: BATOCERA mudah digunakan dan tidak memerlukan modifikasi apa pun pada komputer Anda.
  4. Batocera dapat diinstal di perangkat penyimpanan eksternal, seperti USB flash drive atau hard drive. Hal ini membuat Batocera mudah dibawa ke mana saja
  5. Akses ke 190+ sistem: BATOCERA memberi Anda akses ke 190+ sistem.
  6. Dukungan pengontrol: BATOCERA mendukung sebagian besar pengontrol langsung dari kotak.
  7. 100% open source: BATOCERA adalah 100% open source.
  8. Batocera dapat berjalan dengan lancar di berbagai perangkat, termasuk perangkat dengan spesifikasi yang rendah.
  9. Batocera memiliki komunitas yang aktif yang terus mengembangkan dan meningkatkan Batocera.

Kekurangan Batocera

  1. Belum mendukung semua game retro: Batocera masih belum mendukung semua game retro yang ada. Beberapa game retro mungkin tidak dapat berjalan dengan lancar di Batocera.
  2. Munkin membutuhkan penyesuaian: Batocera mungkin membutuhkan penyesuaian agar sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, Anda mungkin perlu menyesuaikan pengaturan grafis atau audio.

Daftar Emulator Dapat di Mainkan di Batocera

Beberapa emulator yang didukung oleh Batocera adalah:
  1. MAME: Multiple Arcade Machine Emulator, yang dapat menjalankan ribuan game arcade klasik, seperti Pac-Man, Street Fighter, dan Mortal Kombat.
  2. FinalBurn Neo: emulator arcade yang mirip dengan MAME, tetapi lebih fokus pada game Neo Geo, CPS-1, CPS-2, dan CPS-3.
  3. DAPHNE: emulator yang dapat menjalankan game laserdisc, seperti Dragon's Lair, Space Ace, dan Cliff Hanger.
  4. NEO•GEO: emulator yang dapat menjalankan game dari sistem arcade dan konsol NEO•GEO MVS dan AES, seperti Metal Slug, King of Fighters, dan Samurai Shodown.
  5. Sega Model 1/2/3: emulator yang dapat menjalankan game dari sistem arcade Sega Model 1, 2, dan 3, seperti Virtua Fighter, Daytona USA, dan Star Wars Arcade.
  6. Sega NAOMI/NAOMI 2: emulator yang dapat menjalankan game dari sistem arcade Sega NAOMI dan NAOMI 2, seperti Crazy Taxi, Marvel vs. Capcom 2, dan Virtua Tennis.
  7. Triforce: emulator yang dapat menjalankan game dari sistem arcade Triforce, yang merupakan hasil kerjasama antara Namco, Sega, dan Nintendo, seperti F-Zero AX, Mario Kart Arcade GP, dan The Legend of Zelda: Four Swords Adventures.
  8. Sammy Atomiswave: emulator yang dapat menjalankan game dari sistem arcade Sammy Atomiswave, yang merupakan pengembangan dari Sega NAOMI, seperti Metal Slug 6, Dolphin Blue, dan The King of Fighters Neowave.
  9. Atari 2600: emulator yang dapat menjalankan game dari konsol Atari 2600, yang merupakan salah satu konsol paling populer pada era 70-an dan 80-an, seperti Adventure, Pitfall, dan Space Invaders.
  10. Nintendo 64: emulator yang dapat menjalankan game dari konsol Nintendo 64, yang merupakan konsol generasi kelima dari Nintendo, seperti Super Mario 64, The Legend of Zelda: Ocarina of Time, dan GoldenEye 007.
  11. Nintendo GameCube: emulator yang dapat menjalankan game dari konsol Nintendo GameCube, yang merupakan konsol generasi keenam dari Nintendo, seperti Super Smash Bros. Melee, Mario Kart: Double Dash, dan Resident Evil 4.
  12. Nintendo Wii: emulator yang dapat menjalankan game dari konsol Nintendo Wii, yang merupakan konsol generasi ketujuh dari Nintendo, seperti Wii Sports, Super Mario Galaxy, dan The Legend of Zelda: Twilight Princess.
  13. Nintendo Switch: emulator yang dapat menjalankan game dari konsol Nintendo Switch, yang merupakan konsol generasi kedelapan dari Nintendo, seperti Animal Crossing: New Horizons, The Legend of Zelda: Breath of the Wild, dan Mario Kart 8 Deluxe.
  14. Sony Playstation: emulator yang dapat menjalankan game dari konsol Sony Playstation, yang merupakan konsol generasi kelima dari Sony, seperti Final Fantasy VII, Metal Gear Solid, dan Crash Bandicoot.
  15. Sony Playstation 2: emulator yang dapat menjalankan game dari konsol Sony Playstation 2, yang merupakan konsol generasi keenam dari Sony, seperti Grand Theft Auto: San Andreas, God of War, dan Shadow of the Colossus.
  16. Sony Playstation 3: emulator yang dapat menjalankan game dari konsol Sony Playstation 3, yang merupakan konsol generasi ketujuh dari Sony, seperti Uncharted 2: Among Thieves, The Last of Us, dan Red Dead Redemption.
  17. Sega Dreamcast: emulator yang dapat menjalankan game dari konsol Sega Dreamcast, yang merupakan konsol generasi keenam dari Sega, seperti Sonic Adventure, Shenmue, dan Soulcalibur.
  18. Sega Saturn: emulator yang dapat menjalankan game dari konsol Sega Saturn, yang merupakan konsol generasi kelima dari Sega, seperti Panzer Dragoon Saga, Nights into Dreams, dan Virtua Fighter 2.
  19. Xbox: emulator yang dapat menjalankan game dari konsol Xbox, yang merupakan konsol generasi keenam dari Microsoft, seperti Halo: Combat Evolved, Fable, dan Star Wars: Knights of the Old Republic.
  20. PC Classic: emulator yang dapat menjalankan game klasik dari PC, seperti Doom, Quake, dan Half-Life.
Dan masih banyak lagi emulator lainnya yang dapat Anda coba di Batocera, seperti Commodore, Amiga, MSX, Neo Geo, TurboGrafx, Sinclair, Apple, DOS, Windows, Linux, dan lainnya.

Cara menggunakan Batocera Linux

Cara menggunakan Batocera cukup mudah. Setelah Anda menginstal sistem operasi ini, Anda dapat menambahkan game-game retro Anda ke dalam direktori "games". Kemudian, Anda dapat mulai memainkan game-game tersebut dengan memilihnya dari menu Batocera.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menginstal Batocera:

  1. Download Batocera dari situs web resminya.
  2. Download BalenaEtcher, sebuah perangkat lunak untuk menginstal file ISO ke dalam perangkat penyimpanan.
  3. Masukkan perangkat penyimpanan yang ingin Anda gunakan untuk Batocera ke dalam komputer Anda.
  4. Buka BalenaEtcher dan pilih file ISO Batocera yang Anda download.
  5. Pilih perangkat penyimpanan Anda sebagai tujuan instalasi.
  6. Klik "Flash" untuk memulai proses instalasi.

Setelah proses instalasi selesai, Anda dapat boot ke Batocera dengan memasukkan perangkat penyimpanan ke dalam perangkat. Anda dapat mulai menggunakannya untuk memainkan game retro. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Masukkan perangkat penyimpanan yang berisi Batocera ke dalam perangkat Anda.
  2. Boot perangkat Anda ke Batocera.
  3. Arahkan ke layar beranda Batocera.
  4. Pilih game yang ingin Anda mainkan.
  5. Gunakan controller Anda untuk mengontrol game.

Berikut adalah penjelasan langkah-langkah tersebut:

Masukkan perangkat penyimpanan yang berisi Batocera ke dalam perangkat Anda

Jika Anda menginstal Batocera pada flash drive, Anda dapat memasukkannya ke dalam port USB perangkat Anda. Jika Anda menginstal Batocera pada hard drive internal, Anda dapat menghidupkan perangkat Anda.

Boot perangkat Anda ke Batocera

Cara boot perangkat Anda ke Batocera akan berbeda tergantung pada perangkat Anda. Untuk kebanyakan perangkat, Anda dapat menekan tombol tertentu saat perangkat Anda boot untuk membuka menu boot. Kemudian, Anda dapat memilih Batocera dari menu tersebut.

Arahkan ke layar beranda Batocera

Setelah perangkat Anda boot ke Batocera, Anda akan melihat layar beranda. Layar ini menampilkan daftar game yang tersedia untuk dimainkan.

Pilih game yang ingin Anda mainkan

Gunakan joystick atau controller Anda untuk memilih game yang ingin Anda mainkan. Setelah Anda memilih game, game tersebut akan mulai dimuat.

Gunakan controller Anda untuk mengontrol game

Setiap game memiliki kontrolnya sendiri. Anda dapat menemukan informasi tentang kontrol game di menu Batocera.

Berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan Batocera:

  • Anda dapat menambahkan game-game retro Anda sendiri ke Batocera dengan menyalin file ROM game ke direktori "games".
  • Anda dapat menggunakan controller USB atau Bluetooth untuk mengontrol game.
  • Anda dapat menggunakan Batocera untuk memainkan game multipemain lokal dengan menghubungkan beberapa controller ke perangkat Anda.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami membahas tentang Batocera Game Retro All in One Tanpa Emulator. Kami membahas tentang pengenalan Batocera, cara menggunakan Batocera, dan cara menginstal Batocera. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan membantu Anda memahami Batocera lebih baik.

Read Also
Post a Comment