0
🔔 Aktifkan notifikasi disini!
Google News
Loading...

Home  ›  Tips & Trick

Cara Mengembalikan Data Google Drive yang Hilang

"Apakah Anda kehilangan file penting di Google Drive? Jangan panik, karena ada beberapa cara untuk mengembalikan file yang hilang di Google Drive."

Ngebait.com - Google Drive adalah layanan penyimpanan cloud dari Google yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan berbagi file secara online. Google Drive juga memiliki fitur sinkronisasi yang memudahkan pengguna untuk mengakses file mereka di berbagai perangkat. Namun, terkadang file di Google Drive bisa hilang karena berbagai alasan, seperti penghapusan tidak sengaja, perpindahan folder, atau penghapusan oleh pengguna lain. Jika Anda mengalami masalah ini, jangan khawatir, karena ada beberapa cara untuk mengembalikan file yang hilang di Google Drive. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda coba:

Memulihkan dari Folder Sampah

Folder sampah adalah tempat di mana file yang dihapus dari Google Drive disimpan sementara. File di folder sampah akan dihapus secara permanen setelah 30 hari, atau jika Anda mengosongkan folder sampah. Jadi, jika file Anda hilang dalam kurun waktu 30 hari terakhir, Anda dapat mencoba memulihkan file dari folder sampah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Google Drive di komputer Anda, lalu klik folder Sampah di sebelah kiri.
  2. Cari file yang ingin Anda pulihkan, lalu klik kanan pada file tersebut.
  3. Pilih Pulihkan dari menu yang muncul.
  4. File yang dipulihkan akan kembali ke lokasi aslinya di Google Drive. Jika lokasi aslinya sudah tidak ada, file akan muncul di Drive Saya.

Menggunakan Pencarian Lanjutan

Jika file Anda tidak ada di folder sampah, mungkin file tersebut tidak terhapus, tetapi terselip di folder lain, atau berubah nama. Untuk menemukan file tersebut, Anda dapat menggunakan fitur pencarian lanjutan di Google Drive, yang memungkinkan Anda menyaring hasil pencarian berdasarkan berbagai kriteria, seperti jenis file, tanggal modifikasi, atau pemilik file. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Google Drive di komputer Anda, lalu klik ikon kaca pembesar di pojok kanan atas.
  2. Klik ikon panah ke bawah di sebelah kanan kotak pencarian untuk membuka opsi pencarian lanjutan.
  3. Masukkan kata kunci yang berkaitan dengan file yang Anda cari, lalu pilih kriteria yang sesuai dengan file tersebut. Misalnya, untuk melihat file spreadsheet, di samping Jenis, klik panah ke bawah, lalu pilih Spreadsheet.
  4. Klik Cari untuk melihat hasil pencarian yang sesuai dengan kriteria Anda.
  5. Jika Anda menemukan file yang Anda cari, Anda dapat memindahkannya ke folder yang Anda inginkan, atau mengganti namanya jika perlu.

Menghubungi Pembuat File

Jika file yang Anda cari adalah file yang dibuat oleh orang lain, dan Anda mendapatkannya melalui berbagi atau kolaborasi, mungkin file tersebut dihapus atau dipindahkan oleh pembuatnya. Jika demikian, Anda dapat menghubungi pembuat file tersebut dan meminta dia untuk memulihkan atau membagikan kembali file tersebut kepada Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Google Drive di komputer Anda, lalu klik Info di pojok kanan atas 
  2. Klik Aktivitas untuk melihat panel aktivitas, yang menampilkan berbagai aktivitas yang terjadi di Google Drive Anda.
  3. Gulir ke bawah dan cari file yang Anda inginkan, lalu lihat siapa yang membuat atau memodifikasi file tersebut.
  4. Jika Anda mengetahui kontak pembuat file tersebut, Anda dapat mengirimkan email atau pesan kepada dia, dan menjelaskan masalah Anda.
  5. Jika Anda tidak mengetahui kontak pembuat file tersebut, Anda dapat mencoba mencari nama atau emailnya di Google, atau di media sosial, dan menghubunginya melalui saluran yang tersedia.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika cara-cara di atas tidak berhasil, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda mengembalikan file yang hilang di Google Drive. Ada banyak aplikasi yang tersedia di internet, baik yang gratis maupun berbayar, yang menawarkan layanan pemulihan data. Namun, Anda harus berhati-hati dalam memilih aplikasi yang terpercaya dan aman, karena ada juga aplikasi yang mengandung virus atau malware, atau yang menipu Anda dengan meminta biaya yang tidak wajar. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih aplikasi pihak ketiga yang baik:

  1. Cari ulasan atau testimoni dari pengguna lain yang telah menggunakan aplikasi tersebut, dan lihat apakah mereka puas dengan hasilnya.
  2. Cek reputasi dan kredibilitas pengembang aplikasi tersebut, dan lihat apakah mereka memiliki lisensi resmi atau sertifikat keamanan.
  3. Baca syarat dan ketentuan penggunaan aplikasi tersebut, dan pastikan Anda mengerti hak dan kewajiban Anda sebagai pengguna.
  4. Bandingkan fitur dan harga aplikasi tersebut dengan aplikasi lain yang sejenis, dan pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Kesimpulan

File yang hilang di Google Drive bisa menjadi masalah yang mengganggu, terutama jika file tersebut penting atau berharga bagi Anda. Namun, Anda tidak perlu panik, karena ada beberapa cara untuk mengembalikan file yang hilang di Google Drive, seperti memulihkan dari folder sampah, menggunakan pencarian lanjutan, menghubungi pembuat file, atau menggunakan aplikasi pihak ketiga. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang mengalami masalah ini, dan semoga Anda dapat menemukan file yang Anda cari. Terima kasih telah membaca artikel ini, dan selamat mencoba!

Esa Adecsa
Ordinary person with extraordinary dream ✨
Post a Comment
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS