0
🔔 Aktifkan notifikasi disini!
Google News
Loading...

Home  ›  Musik  ›  Umum

Jenis Genre Musik Lofi yang Perlu di Ketahui Pencinta Musik

"Simak ulasan lengkap tentang jenis-jenis genre musik lofi dan contoh lagu lagunya di artikel ini."

Apa Saja Genre Musik Lofi?

Ngebait.com - Musik Lofi adalah jenis musik yang sengaja menggunakan teknik produksi yang rendah kualitas, seperti distorsi, noise, atau kesalahan rekaman, untuk menciptakan suasana yang hangat, nostalgia, atau eksperimental. Musik Lofi memiliki banyak subgenre yang berbeda, tetapi tidak semua subgenre tersebut populer di kalangan pendengar. Artikel ini akan membahas beberapa genre musik Lofi yang populer dan kurang populer, serta ciri-ciri dan contoh lagu dari masing-masing genre.

1. Lofi Hip Hop

Lofi hip hop adalah salah satu genre musik Lofi yang paling populer saat ini. Genre ini menggabungkan unsur-unsur rap, seperti lirik, flow, dan rhyme, dengan beat yang santai, melankolis, dan berirama. Lofi hip hop sering menggunakan sampling dari lagu-lagu lama, film, atau acara TV, untuk menambah nuansa nostalgia atau humor. Lofi hip hop juga cocok untuk dijadikan musik latar belakang saat belajar, bekerja, atau bersantai, karena tidak terlalu mengganggu konsentrasi.

Beberapa contoh lagu Lofi hip hop yang populer adalah:
  1. Lofi Hip Hop Radio - Beats to Relax/Study to oleh ChilledCow, sebuah stasiun radio online yang menayangkan lagu-lagu Lofi hip hop secara terus-menerus.
  2. Nujabes - Feather oleh Nujabes, seorang produser musik Jepang yang dianggap sebagai salah satu pelopor Lofi hip hop.
  3. Joji - SLOW DANCING IN THE DARK oleh Joji, seorang penyanyi dan produser musik yang berasal dari Jepang dan Australia, yang dikenal dengan gaya Lofi hip hop yang melankolis dan emosional.

2. Lofi Chillhop

Lofi chillhop adalah genre musik Lofi yang mirip dengan Lofi hip hop, tetapi lebih menekankan pada unsur-unsur jazz, seperti harmoni, melodi, dan improvisasi. Lofi chillhop juga lebih berfokus pada instrumen-instrumen akustik, seperti piano, gitar, atau saxophone, daripada sampling atau synthesizer. Lofi chillhop memiliki groove yang mengalir dan ritmis, yang membuat pendengar merasa rileks dan nyaman.

Beberapa contoh lagu Lofi chillhop yang populer adalah:
  1. Chillhop Radio - jazzy & lofi hip hop beats oleh Chillhop Music, sebuah label musik yang mengkhususkan diri dalam Lofi chillhop dan Lofi hip hop.
  2. Tomppabeats - Harbor LP oleh Tomppabeats, seorang produser musik Finlandia yang terkenal dengan lagu-lagu Lofi chillhop yang pendek dan manis.
  3. Idealism - rainy evening oleh Idealism, seorang produser musik dari Jerman yang membuat lagu-lagu Lofi chillhop yang indah dan menyentuh.

3. Lofi Jazz

Lofi jazz adalah genre musik Lofi yang mengadaptasi gaya-gaya jazz klasik, seperti swing, bebop, atau fusion, dengan menambahkan unsur-unsur Lofi, seperti noise, crackle, atau tape hiss. Lofi jazz memberikan kesan vintage dan otentik, seolah-olah pendengar sedang mendengarkan piringan hitam atau kaset tua. Lofi jazz juga menampilkan kemampuan musikal yang tinggi, seperti solosisasi, komposisi, atau aransemen, dari para musisi yang terlibat.

Beberapa contoh lagu Lofi jazz yang populer adalah:
  1. Jazz Hop Café - Lofi Jazz Mix oleh Jazz Hop Café, sebuah platform musik yang menyediakan lagu-lagu Lofi jazz dan Lofi hip hop.
  2. Bill Evans - Waltz for Debby (lofi version) oleh Bill Evans, seorang pianis jazz legendaris yang karyanya diubah menjadi versi Lofi oleh seorang penggemar.
  3. BADBADNOTGOOD - Time Moves Slow (feat. Sam Herring) oleh BADBADNOTGOOD, sebuah grup musik Kanada yang memadukan jazz dengan berbagai genre musik lain, termasuk Lofi.

4. Lofi Electronic

Lofi electronic adalah genre musik Lofi yang menggunakan instrumen-instrumen elektronik, seperti synthesizer, drum machine, atau sampler, untuk menciptakan suara-suara yang unik, kompleks, dan eksperimental. Lofi electronic sering memanfaatkan teknik-teknik seperti glitch, noise, atau distortion, untuk mengeksplorasi berbagai kemungkinan bunyi. Lofi electronic juga memiliki spektrum yang luas, dari yang tenang dan atmosferik, hingga yang keras dan agresif.

Beberapa contoh lagu Lofi electronic yang populer adalah:
  1. Aphex Twin - Avril 14th oleh Aphex Twin, seorang produser musik Inggris yang dianggap sebagai salah satu pionir IDM (Intelligent Dance Music), sebuah subgenre dari Lofi electronic yang menonjolkan kecerdasan dan kreativitas.
  2. Boards of Canada - Dayvan Cowboy oleh Boards of Canada, sebuah duo musik Skotlandia yang terkenal dengan lagu-lagu Lofi electronic yang melankolis, misterius, dan nostalgis.
  3. Burial - Archangel oleh Burial, seorang produser musik Inggris yang membuat lagu-lagu Lofi electronic yang gelap, suram, dan urban, dengan pengaruh dari genre musik seperti dubstep, garage, atau R&B.

5. Lofi Downtempo

Lofi downtempo adalah genre musik Lofi yang memiliki tempo yang lambat, ritme yang sederhana, dan suasana yang santai. Lofi downtempo juga menggabungkan unsur-unsur dari genre musik seperti trip hop, lounge, atau chillout, yang memiliki karakteristik yang serupa. Lofi downtempo cocok untuk dijadikan musik latar belakang saat bersantai, meditasi, atau tidur, karena memberikan efek yang menenangkan dan menyegarkan.

Beberapa contoh lagu Lofi downtempo yang populer adalah:
  1. Massive Attack - Teardrop oleh Massive Attack, sebuah grup musik Inggris yang merupakan salah satu pelopor trip hop, sebuah subgenre dari Lofi downtempo yang menggabungkan hip hop dengan musik elektronik.
  2. Thievery Corporation - Lebanese Blonde] oleh Thievery Corporation, sebuah duo musik Amerika yang membuat lagu-lagu Lofi downtempo yang berpengaruh dari berbagai budaya dan genre musik dunia, seperti reggae, bossa nova, atau dub.
  3. Air - La femme d'argent] oleh Air, sebuah duo musik Prancis yang membuat lagu-lagu Lofi downtempo yang elegan, sofistikated, dan romantis, dengan pengaruh dari musik pop, rock, atau jazz.

6. Lofi Beats

Lofi beats adalah genre musik Lofi yang menonjolkan unsur-unsur beat, yaitu irama, drum, dan bass, yang menjadi dasar dari musik hip hop. Lofi beats juga sering disebut sebagai Lofi instrumental hip hop, karena tidak menggunakan lirik atau vokal. Lofi beats memiliki groove yang kuat dan menyenangkan, yang membuat pendengar ingin menggerakkan tubuh atau kepala. Lofi beats juga sering bercampur dengan genre musik lain, seperti chillhop, jazz, atau soul.

Beberapa contoh lagu Lofi beats yang populer adalah:
  1. J Dilla - Donuts oleh J Dilla, seorang produser musik Amerika yang dianggap sebagai salah satu produser hip hop terbaik sepanjang masa, dan juga salah satu inspirasi bagi banyak produser Lofi beats. Album Donuts adalah kumpulan dari 31 lagu Lofi beats yang dibuat oleh J Dilla saat ia sakit parah di rumah sakit, dengan menggunakan sampling dari berbagai sumber, seperti lagu-lagu soul, funk, atau rock, yang dipotong, diulang, atau diubah, untuk menciptakan suara-suara yang berbeda, unik, atau kreatif.
  2. DJ Shadow - Midnight in a Perfect World oleh DJ Shadow, seorang produser musik Amerika yang dianggap sebagai salah satu pelopor Lofi beats. Lagu Midnight in a Perfect World adalah salah satu lagu dari album Endtroducing…, yang merupakan album pertama yang sepenuhnya dibuat dari sampling. Lagu ini menggunakan sampling dari lagu-lagu jazz, soul, atau rock, yang disusun secara harmonis dan melodi, untuk menciptakan suasana yang tenang, mimpi, dan berkesan Lofi.
  3. Nujabes - Feather oleh Nujabes, seorang produser musik Jepang yang terkenal dengan gaya Lofi beats yang dipengaruhi oleh jazz, soul, atau R&B. Lagu Feather adalah salah satu lagu dari album Modal Soul, yang menampilkan vokal dari rapper Amerika yang bernama Cise Starr. Lagu ini menggunakan piano, gitar, dan drum, yang dimainkan secara akustik dan elektronik, untuk menciptakan groove yang santai, melankolis, dan berirama.

7. Lofi Vaporwave

Lofi vaporwave adalah genre musik Lofi yang terinspirasi dari vaporwave, sebuah genre musik yang menggunakan sampling dari lagu-lagu pop, funk, atau R&B dari era 80-an dan 90-an, dan mengubahnya menjadi suara yang lambat, redup, dan berulang. Lofi vaporwave juga menampilkan unsur-unsur estetika retro, seperti warna-warna pastel, gambar-gambar komputer lama, atau simbol-simbol budaya pop, yang mencerminkan nostalgia atau kritik terhadap konsumerisme dan kapitalisme. Lofi vaporwave memiliki suasana yang aneh, ironis, dan surealis.

Beberapa contoh lagu Lofi vaporwave yang populer adalah:
  1. MACINTOSH PLUS - リサフランク420 / 現代のコンピュー oleh MACINTOSH PLUS, sebuah proyek musik anonim yang dianggap sebagai salah satu perintis vaporwave, dengan lagu yang menggunakan sampling dari lagu [Diana Ross - It's Your Move] dan mengubahnya menjadi suara yang terdistorsi dan melankolis.
  2. Blank Banshee - Teen Pregnancy] oleh Blank Banshee, seorang produser musik Kanada yang membuat lagu-lagu Lofi vaporwave yang lebih ritmis dan enerjik, dengan pengaruh dari genre musik seperti trap, ambient, atau glitch.
  3. Saint Pepsi - Enjoy Yourself oleh Saint Pepsi, seorang produser musik Amerika yang membuat lagu-lagu Lofi vaporwave yang lebih ceria dan menyenangkan, dengan pengaruh dari genre musik seperti disco, funk, atau soul.

8. Lofi Chillwave

Lofi chillwave adalah genre musik Lofi yang terinspirasi dari chillwave, sebuah genre musik yang menggunakan instrumen-instrumen synthesizer, drum machine, atau sampler, untuk menciptakan suara-suara yang lembut, mimpi, dan berkesan musim panas. Lofi chillwave juga menampilkan unsur-unsur indie, seperti vokal yang rendah atau berbisik, lirik yang puitis atau abstrak, atau produksi yang sederhana atau kasar. Lofi chillwave memiliki suasana yang santai, romantis, dan melankolis.

Beberapa contoh lagu Lofi chillwave yang populer adalah:
  1. Washed Out - Feel It All Around oleh Washed Out, seorang penyanyi dan produser musik Amerika yang dianggap sebagai salah satu pelopor chillwave, dengan lagu yang menggunakan sampling dari lagu [Gary Low - I Want You] dan mengubahnya menjadi suara yang halus dan etereal.
  2. Neon Indian - Polish Girl oleh Neon Indian, sebuah proyek musik dari seorang penyanyi dan produser musik Amerika yang bernama Alan Palomo, yang membuat lagu-lagu Lofi chillwave yang lebih berwarna dan dinamis, dengan pengaruh dari genre musik seperti pop, rock, atau psychedelic.
  3. Toro y Moi - Say That oleh Toro y Moi, seorang penyanyi dan produser musik Amerika yang bernama Chaz Bear, yang membuat lagu-lagu Lofi chillwave yang lebih funky dan groovy, dengan pengaruh dari genre musik seperti R&B, soul, atau house.

9. Lofi Post-Rock

Lofi post-rock adalah genre musik Lofi yang terinspirasi dari post-rock, sebuah genre musik yang menggunakan instrumen-instrumen gitar, bass, atau drum, untuk menciptakan suara-suara yang atmosferik, instrumental, dan eksperimental. Lofi post-rock juga menampilkan unsur-unsur Lofi, seperti noise, distortion, atau feedback, untuk menambah nuansa emosional atau dramatis. Lofi post-rock memiliki struktur yang tidak konvensional, seperti tidak memiliki chorus, verse, atau bridge, tetapi berubah-ubah sesuai dengan suasana hati.

Beberapa contoh lagu Lofi post-rock yang populer adalah:
  1. Godspeed You! Black Emperor - Storm oleh Godspeed You! Black Emperor, sebuah kolektif musik Kanada yang dianggap sebagai salah satu pelopor post-rock, dengan lagu yang memiliki durasi lebih dari 20 menit dan terdiri dari beberapa bagian yang berbeda, mulai dari yang tenang dan melodi, hingga yang keras dan bising.
  2. Explosions in the Sky - Your Hand in Mine oleh Explosions in the Sky, sebuah grup musik Amerika yang terkenal dengan lagu-lagu Lofi post-rock yang indah dan menyentuh, dengan menggunakan gitar-gitar yang harmonis dan ritmis.
  3. Sigur Rós - Hoppípolla oleh Sigur Rós, sebuah grup musik Islandia yang membuat lagu-lagu Lofi post-rock yang unik dan ajaib, dengan menggunakan vokal yang tidak berbahasa, instrumen-instrumen tradisional, atau efek-efek suara yang aneh.

10. Lofi Folk

Lofi folk adalah genre musik Lofi yang terinspirasi dari folk, sebuah genre musik yang menggunakan instrumen-instrumen akustik, seperti gitar, ukulele, atau harmonika, untuk menciptakan suara-suara yang sederhana, organik, dan berkesan tradisional. Lofi folk juga menampilkan unsur-unsur singer-songwriter, seperti vokal yang personal atau intim, lirik yang cerita atau mengandung pesan, atau produksi yang independen atau amatir. Lofi folk memiliki suasana yang hangat, jujur, dan menyayat hati.

Beberapa contoh lagu Lofi folk yang populer adalah:
  1. Iron & Wine - Naked as We Came oleh Iron & Wine, sebuah proyek musik dari seorang penyanyi dan produser musik Amerika yang bernama Sam Beam, yang membuat lagu-lagu Lofi folk yang lembut dan harmonis, dengan menggunakan gitar akustik dan vokal yang berbisik.
  2. Bon Iver - Skinny Love oleh Bon Iver, sebuah proyek musik dari seorang penyanyi dan produser musik Amerika yang bernama Justin Vernon, yang membuat lagu-lagu Lofi folk yang emosional dan melodi, dengan menggunakan gitar akustik, piano, atau drum.
  3. Sufjan Stevens - Casimir Pulaski Day] oleh Sufjan Stevens, seorang penyanyi dan produser musik Amerika yang membuat lagu-lagu Lofi folk yang kompleks dan kreatif, dengan menggunakan berbagai instrumen-instrumen akustik, elektronik, atau orkestra.

11. Lofi Experimental

Lofi experimental adalah genre musik Lofi yang tidak terbatas oleh genre musik apapun, tetapi bebas bereksperimen dengan berbagai suara, teknik, atau konsep, yang tidak biasa, radikal, atau menantang. Lofi experimental juga menampilkan unsur-unsur noise, yaitu suara-suara yang tidak harmonis, tidak berirama, atau tidak beraturan, yang digunakan sebagai bentuk ekspresi, provokasi, atau seni. Lofi experimental memiliki suasana yang beragam, dari yang menarik dan mengejutkan, hingga yang menakutkan dan menjijikkan.

Beberapa contoh lagu Lofi experimental yang populer adalah:
  1. The Residents - Constantinople] oleh The Residents, sebuah grup musik anonim yang dianggap sebagai salah satu pelopor Lofi experimental, dengan lagu yang menggunakan suara-suara yang aneh, absurd, atau lucu, untuk menciptakan lagu-lagu yang satir, ironis, atau kritis.
  2. Animal Collective - My Girls] oleh Animal Collective, sebuah grup musik Amerika yang membuat lagu-lagu Lofi experimental yang lebih pop dan aksesibel, dengan menggunakan suara-suara yang psikedelik, eklektik, atau hipnotis, untuk menciptakan lagu-lagu yang ceria, dinamis, atau epik.
  3. Death Grips - Guillotine] oleh Death Grips, sebuah grup musik Amerika yang membuat lagu-lagu Lofi experimental yang lebih keras dan agresif, dengan menggunakan suara-suara yang bising, kasar, atau brutal, untuk menciptakan lagu-lagu yang marah, gelap, atau anarkis.
Demikianlah artikel blog yang saya buat untuk Anda dengan topik Jenis Genre Musik Lofi yang Perlu di Ketahui Pencinta Musik.  Semoga artikel ini bermanfaat.
Esa Adecsa
Ordinary person with extraordinary dream ✨
Post a Comment
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS