0
🔔 Aktifkan notifikasi disini!
Google News
Loading...

Home  ›  Blogger  ›  Tips & Trick

Mengambil Widget Blogger Orang Lain dengan Inspect Element

"Belajar mengambil widget blog orang lain dengan inspect element. Simak langkah, tips, dan dampaknya."

Ngebait.com - Apakah Anda pernah melihat widget yang menarik di blog orang lain dan ingin menggunakannya di blog Anda sendiri? Atau apakah Anda ingin belajar bagaimana membuat widget sendiri dengan melihat kode yang digunakan oleh widget tersebut? Jika ya, maka Anda perlu tahu cara menggunakan fitur inspect element di browser Anda.

Apa itu Inspect Element?

Inspect element adalah fitur browser yang memungkinkan Anda untuk melihat dan mengedit kode HTML dan CSS yang membentuk halaman web. Dengan fitur ini, Anda bisa mengetahui berbagai elemen yang ada di balik tampilan web, seperti warna, font, gambar, link, dan lainnya. Anda juga bisa mengubah kode tersebut secara sementara untuk melihat perubahan yang terjadi pada halaman web.

Fitur inspect element sangat berguna bagi web developer, karena mereka bisa melakukan berbagai hal, seperti:

  • Mengedit desain web sebelum menerapkannya secara permanen
  • Mengecek kode yang rusak atau error
  • Melakukan debugging JavaScript
  • Mengecek responsivitas web di berbagai ukuran layar
  • Melakukan audit SEO dan riset kata kunci

Namun, fitur inspect element juga bisa dimanfaatkan oleh blogger, khususnya untuk mengambil widget dari blog orang lain. Widget adalah elemen web yang berfungsi untuk menampilkan informasi atau fungsi tertentu di blog, seperti jam, kalender, daftar postingan terbaru, kotak pencarian, dan lainnya. Widget biasanya dibuat dengan menggunakan kode HTML, CSS, dan JavaScript.

Bagaimana Cara Mengambil Widget Blogger Orang Lain dengan Inspect Element?

Untuk mengambil widget blogger orang lain dengan inspect element, Anda perlu melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Buka blog yang memiliki widget yang Anda inginkan. Misalnya, Anda ingin mengambil widget jam analog yang ada di blog [Niagahoster](https://www.niagahoster.co.id/blog/inspect-element/).
  2. Klik kanan pada widget tersebut, lalu pilih Inspect atau Inspect Element. Anda juga bisa menggunakan shortcut F12 di keyboard Anda. Jika menggunakan browser Smartphone bisa Anda tambahkan view-source: pada awal url.
  3. Akan muncul panel inspect element di sisi kanan atau bawah layar Anda. Di panel ini, Anda bisa melihat kode HTML dan CSS yang berkaitan dengan widget tersebut. Biasanya, kode widget akan berada di dalam tag `<div>` atau `<iframe>`.
  4. Salin kode HTML widget tersebut dengan cara klik kanan pada tag `<div>` atau `<iframe>` yang mengandung kode widget, lalu pilih Copy > Copy element. Pastikan Anda menyalin seluruh kode widget, termasuk tag pembuka dan penutupnya.
  5. Buka dashboard blogger Anda, lalu pilih menu Tata Letak. Di sini, Anda bisa menambahkan widget ke blog Anda dengan cara klik Tambah Gadget di tempat yang Anda inginkan.
  6. Akan muncul jendela yang berisi berbagai pilihan gadget yang bisa Anda tambahkan. Pilih gadget HTML/JavaScript, lalu klik tombol plus (+).
  7. Akan muncul jendela lagi yang meminta Anda untuk memasukkan judul dan konten gadget. Di kolom konten, tempelkan kode HTML widget yang telah Anda salin sebelumnya. Anda juga bisa mengubah judul gadget sesuai keinginan Anda. Jika sudah, klik Simpan.
  8. Sekarang, widget yang Anda ambil dari blog orang lain sudah ditambahkan ke blog Anda. Anda bisa melihat hasilnya dengan cara klik Pratinjau atau Lihat Blog.
Untuk pengguna Smartphone setelah menambahkan view-source: kode otomatis keluar dan Anda bisa mencari source kode widget yang ingin Anda ambil.

Apa yang Harus Diperhatikan Saat Mengambil Widget Blogger Orang Lain dengan Inspect Element?

Meskipun cara mengambil widget blogger orang lain dengan inspect element terlihat mudah, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, yaitu:

  • Tidak semua widget bisa diambil dengan cara ini. Beberapa widget mungkin memiliki kode yang terlindungi atau terenkripsi, sehingga Anda tidak bisa menyalinnya. Beberapa widget juga mungkin membutuhkan kode tambahan yang tidak terlihat di inspect element, seperti kode JavaScript eksternal atau API key.
  • Mengambil widget dari blog orang lain tanpa izin bisa dianggap sebagai tindakan plagiat atau pencurian. Oleh karena itu, sebaiknya Anda hanya mengambil widget yang bersifat umum atau bebas digunakan oleh siapa saja. Jika Anda ingin mengambil widget yang bersifat khusus atau pribadi, sebaiknya Anda minta izin terlebih dahulu kepada pemilik blog tersebut.
  • Mengambil widget dari blog orang lain bisa mempengaruhi performa dan keamanan blog Anda. Widget yang memiliki kode yang tidak optimal atau tidak aman bisa membuat blog Anda menjadi lambat atau rentan terhadap serangan hacker. Oleh karena itu, sebaiknya Anda hanya mengambil widget dari blog yang terpercaya dan memiliki reputasi baik.

Kesimpulan

Fitur inspect element di browser Anda bisa dimanfaatkan untuk mengambil widget dari blog orang lain. Caranya adalah dengan menyalin kode HTML widget tersebut dari inspect element, lalu menempelkannya ke gadget HTML/JavaScript di dashboard blogger Anda. Namun, Anda harus berhati-hati saat mengambil widget dari blog orang lain, karena bisa berdampak pada hak cipta, performa, dan keamanan blog Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin belajar cara mengambil widget blogger orang lain dengan inspect element. Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran, silakan tulis di kolom komentar.

Esa Adecsa
Ordinary person with extraordinary dream ✨
Post a Comment
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS