Solo Techno Park: Kawasan Inovasi dan Vokasi di Kota Budaya - Ngebait.com
Notification texts go here Contact Us Buy Now!

Solo Techno Park: Kawasan Inovasi dan Vokasi di Kota Budaya

Solo Technopark adalah kawasan terpadu berbasis iptek yang memadukan unsur pengembangan iptek, kebutuhan pasar, industri dan bisnis.

Ngebait.com - Solo, atau Surakarta, adalah kota yang dikenal dengan budaya dan tradisinya yang kental. Namun, kota ini juga memiliki potensi besar untuk menjadi kota modern yang mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). Salah satu buktinya adalah adanya Solo Techno Park, sebuah kawasan terpadu yang menjadi pusat inovasi dan vokasi di Solo.

Apa itu Solo Techno Park?

Solo Techno Park (STP) adalah kawasan terpadu di bawah pengelolaan Pemerintah Kota Surakarta, yang merupakan kawasan terpadu berbasis iptek yang memadukan unsur pengembangan iptek, kebutuhan pasar industri dan bisnis serta penguatan daya saing daerah¹. STP berdiri sejak tahun 2009, namun baru-baru ini mengalami revitalisasi dengan menggandeng berbagai pihak strategis, salah satunya adalah perusahaan teknologi Shopee.

STP memiliki visi untuk menjadi kawasan inovatif dan berdaya saing internasional, serta misi untuk menjadi pusat inovasi dan vokasi yang memadukan unsur akademisi, bisnis, pemerintah, dan masyarakat (ABG+C) dalam rangka peningkatan kompetensi, inovasi, teknologi, dan bisnis untuk penguatan daya saing daerah.

Fasilitas dan Layanan di Solo Techno Park

STP memiliki berbagai fasilitas dan layanan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Solo, khususnya para anak muda yang ingin mengembangkan keterampilan dan kreativitas mereka. Beberapa fasilitas dan layanan yang tersedia di STP antara lain:

  • Area komunal yang dapat digunakan untuk berekreasi, menciptakan inovasi, maupun menyelenggarakan berbagai macam kegiatan, seperti boulevard air mancur, lapangan basket, lapangan futsal, dan taman bermain.
  • Gedung Sembrani, yang merupakan tech hub sebagai ruang untuk melakukan riset, pengembangan teknologi, dan inovasi. Gedung ini dilengkapi dengan fasilitas seperti laboratorium, ruang kelas, ruang rapat, ruang kerja bersama (co-working space), dan ruang pameran.
  • Gedung Gumarang, yang merupakan gedung kantor Shopee yang digunakan sebagai pusat perkantoran, untuk menyediakan dukungan yang berkesinambungan bagi pertumbuhan UMKM lokal di Solo dan sekitarnya.
  • Gedung Pendidikan dan Pelatihan (Diklat), yang menyediakan berbagai program diklat yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja, seperti welding manufaktur, desain manufaktur, robotik dan coding, dan lain-lain.
  • Gedung Inkubator Bisnis, yang memberikan bantuan dan fasilitas bagi para pelaku usaha pemula, seperti bimbingan, mentoring, akses modal, akses pasar, dan jaringan bisnis.
  • Gedung Pusat Informasi dan Komunikasi (PIK), yang menyediakan layanan informasi dan komunikasi terkait dengan iptek, bisnis, dan inovasi, seperti perpustakaan, media center, dan pusat data.

Manfaat dan Dampak Solo Techno Park

STP memiliki banyak manfaat dan dampak positif bagi masyarakat Solo, khususnya dalam hal peningkatan kualitas hidup, kesejahteraan, dan daya saing. Beberapa manfaat dan dampak yang dapat dirasakan antara lain:

  1. Meningkatkan minat dan bakat masyarakat Solo, khususnya generasi muda, dalam bidang iptek, inovasi, dan kewirausahaan, sehingga dapat menciptakan produk dan jasa yang bernilai tambah dan berdaya saing.
  2. Meningkatkan keterampilan dan kompetensi masyarakat Solo, khususnya lulusan SMK, dalam bidang-bidang yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja, sehingga dapat meningkatkan peluang kerja dan penghasilan.
  3. Meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan UMKM lokal di Solo dan sekitarnya, dengan memberikan dukungan berupa fasilitas, bantuan, dan akses yang memudahkan mereka dalam mengembangkan usaha mereka.
  4. Meningkatkan kolaborasi dan sinergi antara unsur ABG+C dalam rangka mengembangkan iptek, inovasi, dan bisnis yang berorientasi pada kebutuhan dan tantangan masyarakat, industri, dan daerah.
  5. Meningkatkan citra dan reputasi Solo sebagai kota pintar yang mengintegrasikan penerapan teknologi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di berbagai aspek.

Kesimpulan

Solo Techno Park adalah kawasan terpadu yang menjadi pusat inovasi dan vokasi di Solo, yang memadukan unsur pengembangan iptek, kebutuhan pasar industri dan bisnis serta penguatan daya saing daerah. STP memiliki berbagai fasilitas dan layanan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Solo, khususnya para anak muda yang ingin mengembangkan keterampilan dan kreativitas mereka. STP juga memiliki banyak manfaat dan dampak positif bagi masyarakat Solo, khususnya dalam hal peningkatan kualitas hidup, kesejahteraan, dan daya saing.

Demikian artikel blog yang saya buat tentang Solo Techno Park. Semoga bermanfaat dan menarik bagi anda. Jika anda memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca.

Getting Info...

About the Author

Ordinary person with extraordinary dream ✨

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Admin Discuss With Admin
Hello, How can we help you?
Start chat...