0
Home  ›  Smartphone  ›  Teknologi

Keunggulan Snapdragon 782 yang Terdapat pada Honor 80

"Honor memanfaatkan peluncuran Snapdragon 782G sebagai penerus prosesor dengan banyak keunggulan seperti support Wi-Fi 7 dan lainnya."

Tiada henti-hentinya Qualcomm menginovasi produk prosesor, setelah terkenal sebagai pencipta prosesor terbaik saat ini. Seperti halnya adanya peluncuran produk terbarunya yaitu Snapdragon 782G sebagai chipset baru yang digadang sebagai chipset kelas menengah. Menurut kabar, chipset ini merupakan generasi penerus dari Snapdragon 778G Plus yang meluncur di menjelang akhir tahun 2021. Bagaimana keunggulan Snapdragon 782G sebagai prosesor penerus?

Seperti yang kita ketahui bahwa Qualcomm meluncurkan produk selalu dengan kejutan berbagai fitur dan kecanggihan dalam produk-produknya. Begitu juga dengan keunggulan Snapdragon 782G yang diduga memiliki kejutan tersendiri dalam kecanggihannya sebagai prosesor terbaru.

Salah satu keunggulan Snapdragon 782G terletak pada arsitekturnya yang mana menggunakan fabrikasi 6nm, di mana arsitektur ini merupakan arsitektur andalan Qualcomm saat ini.

Keunggulan Snapdragon 782G sebagai Prosesor Penerus

Beberapa keunggulan lainnya bisa kita lihat pada teknoloi yang terpasang pada prosesor ini. Di mana prosesor merupakan salah satu jenis prosesor dengan kemampuan 8-core (inti) Kyro 670 yang dikolaborasikan dengan Andreno 642L.

Seperti yang kita bahas pada artikel sebelumnya tentang mengenal Snapdragon, bahwa Andreno merupakan pasangan dari Snapdragon. Di mana alat ini tidak lepas dari Snapdragon yang merupakan sebagai kekasih Snapdragon.

Masih sama seperti generasi sebelumnya, bahwa Snapdragon 782G memiliki pengaturan core pada CPU yang serupa dan mudah digunakan. Ada sedikit perbedaan pada pengaturan CPU yaitu terdapat 1 inti Kyro 670 Prime atau Cortex-A78, di mana inti core ini mampu memiliki kecepatan yang ditingkatkan hingga menjadi 2,7GHz. Sedangkan untuk 3 inti Kyro 670 Gold memiliki kecepatan hingga 2,2GHz dan 4 Kyro 670 Silver memiliki kecepatan hingga 1,9GHz.

Penjelasan tersebut dapat kita simpulkan, artinya Snapdragon 782G ini memiliki kecepatan hampir 5% persen dari generasi sebelumnya. Bahkan pada bagian GPU, meningkat lebih cepat hingga 10 persen.

Untuk spesifikasi dan keunggulan Snapdragon 782G lainnya masih serupa dengan pendahulunya yaitu 782G Plus. Seperti pada pengisian daya baterai, di mana pengisian tersebut mendapat support teknologi Quick Charge 4+. Tentunya teknologi tersebut mampu mengisi daya baterai hingga 50% hanya dalam waktu singkat yaitu 15 menit saja.

Selain itu, Snapdragon 782G juga dibekali adanya modem Snapdragon X53 yang mana merupakan modem 5G milik Qualcomm sendiri. Modem ini mampu mensupport Sub-6GHz juga mmWave. Bahkan, modem ini memiliki sistem FastConnect 6700 sehingga mampu memfasilitasi koneksinya WiFi hingga mencapai 2,9 Gbps dan bluetooth 5.2 yang sudah diintegrasi.

Fitur Fused Al Acceletaor juga terpasang pada Snapdragon 782G yang didukung ISP Qualcomm Spectra. Hal ini serupa dengan adanya 3 ISP 14-bit sekaligus. Tanpa memakan ruang, prosesor ini bisa bekerja secara optimal terkait konektivitasnya. Sehingga prosesor ini mampu mengoperasionalkan gambar yang terinput hingga 2 gigapiksel per second. Bahkan resolusi kamera hingga 200 Megapiksel pun masih mampu diterima dalam prosesor ini.

Ada pun keunggulan Snapdragon 782G lainnya yaitu pada layar resolusifull HD Plus 144 Hz sangat didukung adanya prosesor ini. Hingga resolusi 4K pada kecepatan 60 Hz pun masih mampu diterima dengan baik. Sehingga kita mampu mengoperasikan video jenis slow motion 240 Hz dengan resolusi hingga 720 px. Sangat cocok untuk Anda yang berkecimpung di dunia Youtuber.

Honor Memanfaatkan Peluncuran Snapdragon 782G

Seperti yang kita ketahui bahwa Qualcomm adalah vendor prosesor terbaik di masa ini. Tidak heran jika beberapa vendor smartphone menantikan kedatangan produk terbaru dari Qualcomm terkait chipset yang mereka keluarkan. Begitu juga dengan adanya peluncuran keunggulan Snapdragon 782G ini dimanfaatkan betul oleh Honor sebagai salah satu vendor smartphone di dunia tekno.

Di waktu yang sama dengan peluncuran Snapdragon 782G, Honor juga mengeluarkan produk terbarunya dengan produk Honor 80. Di mana produk Honor ini merupakan smartphone pertama yang menggunakan chipset Snapdragon 782G di pasar tekno.

Sebenarnya masih belum pasti, produk HP mana yang akan menjadi ponsel pertama kali menggunakan snapdragon 782G ini. Namun, kita bisa melihat poster Honor 80 yang mana terdapat keunggulan Snapdragon 782G yang terpampang di dalam posternya, bersamaan dengan produk barunya.

Kita bisa melihat poster Honor dengan dukungan Snapdragon 782G disitus resmi Weibo. Di dalam poster tersebut terdapat tulisan kecil yang menunjukan adanya dukungan dari Snapdraon 782G. Memang, Honor tidak memaparkan, apakah Honor 80 ini menggunakan teknologi snapdragon 782G atau tidak. Namun, di sini kita bisa memiliki dugaan kuat bahwa Honor 80 menggunakan snapdragon terbaru milik Qualcomm.

Mendukung Wi-Fi 7

Perlu kita ketahui bahwa snapdragon ini telah dibekali teknologi yang mendukung adanya konektivitas Wi-Fi 7 denan kecepatan 5,8 GHz. Tentunya hal ini menjadi keunggulan tersendiri pada prosesor terbaru ini.

Tidak sedikit orang memperhatikan keistimewaan dari konektivitas Wi-Fi7. Karena pada dasarnya, teknologi ini masih serupa keunggulan dari fiturnya dengan generasi sebelumnya. Prosesor yang diluncurkan pertama kali di Hawaii pada bulan November 2022 masih belum resmi dipasarkan ke masyarakat umum. Begitu juga dengan Honor 80 yang mengusung sebagai produk terbaru milik Honor dengan teknologi chipset Snapdragon 782G.

Dari dulu hingga sekarang snapdragon sangat mendukung android jenis flagship. Di mana berbagai produk android flagship menggunakan teknologi chipset Snapdragon denan berbagai variasi jenisnya. Tergantung dari kelasnya, mulai dari kelas standar hingga kelas tinggi.

Sebenarnya dukungan Wi-Fi7 sebagai salah satu keunggulan Snapdragon 782G sangat berpengaruh besar pada sebuah produk android. Di mana Wi-Fi 7 mampu mendatangkan kecepatan dalam melakukan browsing dan download hingga nilai spektrum mencapai6GHz. Bisa dikatakan bahwa Wi-Fi 7 ini lebih cepat 1,5 kali lipat dibandingkan pada generasi sebelumnya, yaitu WiFi 6.

Bahkan, sebagai keunggulan Snapdragon 782G, dengan fitur WiFi 7 yang terpasang pada prosesor tersebut, mampu memberikan kemudahan pengguna smartphone atau laptop yang melakukan browsing dengan kecepatan hingga 5,8 Giga per detik. Tak hanya itu, dukungan fitur WiFi ini juga memberikan latensi rendah hingga 2 ms.

Bisa kita katakan bahwa peluncuran prosesor terbaru milik Qualcomm ini berhasil meluncurkan beberapa teknologi terbaru. Mulai dari produk terbaru dari Honor, fitur WiFi, hingga teknologi konektivitas di dunia.

Jika kita pikir-pikir, bahwa WiFi 7 ini masih ideal untuk smartphone use case. Di mana smartphone ini membutuhkan kecepatak dalam menjelajahi internet dengan kecepatan yang lebih tinggi. Mengingat bahwa kini mulai muncul kecepatan 5G, maka WiFi 7 sangat diperlukan pada smartphone keluaran terbaru.

Kita bisa menarik kesimpulan, bahwa keunggulan Snapdragon 782G dapat kita rasakan ketika kita memiliki smartphone Honor 80 saat ini. Karena prosesor terbaru ini masih belum terpasang ke smartphone atau produk lainnya. Beda cerita lagi jika mulai ada produk terbaru dengan teknologi prosesor terbaru ini. Karena pada dasarnya, produk smartphone akan terus bermunculan mengikuti perkembangan teknologi yang tidak ada habisnya.

Esa Adecsa
Ordinary person with extraordinary dream ✨
Post a Comment
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS