0
Home  ›  Smartphone  ›  Teknologi  ›  Umum

Cara Mudah Mengatasi Android Lemot

"Banyak pembahasan cara untuk menangani ketika smartphone Android lemot. Sayangnya, sebagian besar metode tidak berdampak."

Cara Mudah Mengatasi Android Lemot - Banyak pembahasan cara untuk menangani ketika  smartphone Android lemot. Sayangnya, sebagian besar metode yang ada tidak banyak berdampak dalam memperbaiki smartphone Android mereka yang lemot. Munculnya lemot pada smartphone Android tentunya tidak lepas dari kesalahan pengguna. 

Mengapa begitu? Alasan pertama adalah saat membeli smartphone Android, apakah smartphone tersebut lemot saat pertama digunakan? Tentu tidak bukan? Namun, setelah digunakan beberapa waktu Kamu mungkin merasa Android lemot padahal aplikasi sedikit dan seperti mengalami penurunan performa. Lantas apa yang menyebabkan smartphone Android lemot?

Sebelum kita mulai membahas cara mengatasi Android lemot, ada baiknya Admin memberikan beberapa informasi tentang faktor penyebab smartphone Android lemot.
Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perangkat Android menjadi lemot adalah:
  1. Penggunaan memori yang tinggi oleh aplikasi yang berjalan di latar belakang.
  2. Penyimpanan internal yang penuh.
  3. Overheating atau panas yang berlebihan.
  4. Sistem operasi yang usang atau perlu diperbarui.
  5. Kinerja hardware yang rendah.
  6. Aplikasi yang tidak diperbarui atau kompatibel dengan versi sistem operasi yang digunakan.
Nah, itulah beberapa hal yang dapat memperlambat Android. Setelah mengetahui penyebab di atas, apa yang harus dilakukan untuk mengatasi Android lemot?

Menghapus Aplikasi Berjalan di Latar Belakang

Penggunaan memori yang tinggi oleh aplikasi yang berjalan di latar belakang dapat menyebabkan kinerja komputer atau perangkat mobile menjadi lemot. Hal ini dikarenakan aplikasi tersebut mengambil bagian dari sumber daya sistem, seperti memori, yang seharusnya digunakan untuk aplikasi yang sedang digunakan. Jika terlalu banyak aplikasi berjalan di latar belakang dan menggunakan banyak memori, maka sistem akan menjadi lemot dan responsif terhadap perintah yang diberikan.
Untuk menghapus aplikasi yang berjalan di latar belakang pada sistem operasi Android, Kamu dapat mengikuti beberapa langkah berikut:
  1. Pertama, tekan tombol "Home" untuk kembali ke layar utama.
  2. Kemudian tekan dan tahan tombol "Recent Apps" (tergantung dari tipe ponsel, tombol recent apps bisa berbeda-beda, namun umumnya berada di bagian bawah layar).
  3. Kamu akan melihat daftar aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang. Kamu dapat mengetuk "X" pada aplikasi yang ingin dihapus untuk menutupnya.
  4. Jika Kamu ingin menutup semua aplikasi yang berjalan di latar belakang sekaligus, Kamu dapat mengetuk tombol "Clear All" yang terletak di pojok kanan atas layar.
  5. Kamu juga bisa mengontrol aplikasi yang berjalan di latar belakang melalui menu Pengaturan > Aplikasi > Semua aplikasi, lalu pilih aplikasi yang ingin dihentikan, klik tombol "Force Stop"

Menghapus Beberapa File Tidak Terpakai

Penyimpanan internal pada perangkat Android mengacu pada penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan data seperti gambar, video, aplikasi, dan lainnya. Ketika memori internal sudah penuh, berarti tidak ada lagi ruang untuk menambah data baru. Ini dapat memengaruhi perangkat karena sistem operasi harus bekerja lebih keras untuk menemukan ruang kosong. Beberapa tKamu penyimpanan internal Kamu penuh adalah:
  • Perangkat tidak dapat mengunduh aplikasi atau media baru
  • Perangkat melambat dan aplikasi terbuka dengan lambat
  • Saat Kamu mencoba mengambil foto atau video, pesan "Penyimpanan penuh" ditampilkan
  • Mendeteksi kehabisan ruang disk saat mencoba memindahkan atau menghapus file
Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah penyimpanan internal penuh, seperti menghapus file yang tidak perlu, mentransfer file ke perangkat eksternal seperti kartu SD, atau menggunakan aplikasi pembersih untuk menghapus file sampah.

Mengurangi Beban Sistem Penyebab Overheat

Beberapa cara untuk mengatasi perangkat Android yang mengalami overheating (panas berlebihan) adalah:
  1. Matikan aplikasi yang tidak digunakan: Matikan aplikasi yang tidak digunakan saat tidak digunakan untuk mengurangi beban pada prosesor dan GPU.
  2. Hapus aplikasi yang tidak diperlukan: Hapus aplikasi yang tidak diperlukan atau yang tidak digunakan untuk mengurangi beban pada perangkat.
  3. Matikan jaringan: Matikan jaringan seluler atau Wi-Fi saat tidak digunakan untuk mengurangi beban pada perangkat.
  4. Restart perangkat: Restart perangkat secara teratur untuk membersihkan memori dan mengurangi beban pada sistem operasi.
  5. Pastikan aplikasi diperbarui: Pastikan aplikasi yang digunakan diperbarui untuk mendapatkan kinerja terbaik dan mengurangi beban pada perangkat.
  6. Pastikan sistem operasi diperbarui: Pastikan sistem operasi diperbarui dengan versi terbaru untuk mendapatkan kinerja terbaik dan mengurangi beban pada perangkat.
  7. Hapus file yang tidak diperlukan: Hapus file yang tidak diperlukan atau yang tidak digunakan untuk mengurangi beban pada perangkat.
  8. Periksa komponen yang rusak: Jika masalah panas berlebihan tetap terjadi, periksa komponen perangkat seperti baterai atau kipas pendingin untuk memastikan tidak rusak.
  9. Gunakan aplikasi pemantau panas: Ada beberapa aplikasi yang tersedia di Play Store yang dapat memantau suhu perangkat dan menunjukkan aplikasi yang menyebabkan panas.
  10. Jangan melakukan overclock: Jangan melakukan overclock perangkat Android Kamu karena ini dapat menyebabkan perangkat menjadi panas dan menurunkan kinerja.

Update Sistem operasi Android

Update sistem pada perangkat Android adalah proses mengunduh dan menginstal versi terbaru dari sistem operasi Android yang digunakan pada perangkat tersebut. Update sistem dapat dilakukan secara otomatis atau manual. Update sistem dapat memberikan perbaikan bug, keamanan, dan fitur baru. Beberapa perbaikan yang dapat didapat dari update sistem adalah :
  • Perbaikan bug yang mungkin membuat perangkat menjadi lemot atau mengalami masalah kinerja.
  • Peningkatan keamanan
  • Penambahan fitur baru yang dapat membuat perangkat lebih fungsional dan mudah digunakan.
  • Peningkatan kompatibilitas dengan aplikasi-aplikasi baru yang dirilis.
  • Peningkatan dukungan pada hardware terbaru.
Update sistem dapat dilakukan dengan cara masuk ke menu pengaturan, pilih menu "tentang perangkat" dan pilih opsi "perbarui sistem operasi" atau "pembaruan perangkat". Perangkat harus terhubung dengan internet untuk melakukan update. Namun, beberapa perangkat yang dijual di pasar tidak akan mendapatkan update sistem dari pabrikan atau vendor, karena faktor usia perangkat atau keterbatasan dukungan.

Update Aplikasi Yang Terinstal

Update aplikasi pada perangkat Android adalah proses mengunduh dan menginstal versi terbaru dari aplikasi yang diinstal pada perangkat tersebut. Update aplikasi dapat dilakukan secara otomatis atau manual. Update aplikasi dapat memberikan perbaikan bug, keamanan, dan fitur baru. Beberapa perbaikan yang dapat didapat dari update aplikasi adalah :
  • Perbaikan bug yang mungkin membuat aplikasi menjadi lemot atau mengalami masalah kinerja.
  • Peningkatan keamanan yang dapat melindungi perangkat dari serangan virus dan malware.
  • Penambahan fitur baru yang dapat membuat aplikasi lebih fungsional dan mudah digunakan.
  • Peningkatan kompatibilitas dengan sistem operasi atau aplikasi lain yang dirilis.
  • Peningkatan dukungan pada perangkat hardware terbaru.
Update aplikasi dapat dilakukan dengan cara masuk ke Play Store, pilih menu "Akun" dan pilih opsi "Aplikasi yang diinstal" lalu pilih aplikasi yang ingin diupdate dan pilih opsi "update" atau "perbarui". Perangkat harus terhubung dengan internet untuk melakukan update.
Esa Adecsa
Ordinary person with extraordinary dream ✨
Post a Comment
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS